Tahun Berapa Peringatan Detik-Detik Proklamasi Bertepatan Dengan Hari Jumat?

Tahun berapa peringatan detik-detik proklamasi bertepatan dengan hari jumat? - Pemerintah RI menetapkan tanggal 17 Agustus sebagai Hari Libur Nasional (HLN) setiap tahunnya, termasuk tahun 2018 ini. Sementara itu pada kalender nasional, tanggal HLN serta hari Minggu ditandai dengan tinta printer warna merah.

17 agustus,detik proklamasi,tahun berapa
Peringatan Detik-Detik Proklamasi yang bertepatan di hari Jumat (matrapendidikan.com)

Semua mengetahui kalau tanggal 17 Agustus itu diperingati sebagai Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tanhun 1945. Peringatan itu diadakan dalam suatu upacara bendera khusus.

Peringatan Detik-Detik Proklamasi yang ke-73 tahun 2018 ini, juga jatuh pada hari Jumat dan berlangsung sebelum masuknya waktu shalat Jumat bagi umat muslim, sebagaimana halnya Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 1945 lalu.

#Tahun berapa jatuhnya pada hari Jumat

Tahun berapa sajakah peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI  17 Agustus sebelum ini jatuhnya pada hari Jumat? Inilah yang menjadi pertanyaan dan membuat kami penasaran.

Untuk mencari tahu jawaban itu, kami bukannya membuka mesin pencari google melainkan mengecek secara langsung dan manual. Kebetulan kami hanya memanfaatkan telepon seluler (ponsel) jadul

Sejak tahun 1980 sampai 2018 ini ternyata  sudah 6 kali berlangsung Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi yang jatuh pada hari Jumat. Dalam rentang waktu 38 tahun, Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI jatuhnya pada hari Jumat adalah:

1.1984 (peringatan HUT RI ke- 39)
2.1990, (peringatan HUT RI ke- 45)
3.2001 (peringatan HUT RI ke- 56)
4.2007 (peringatan HUT RI ke- 62)
5.2012 (peringatan HUT RI ke- 67)
6.2018 (peringatan HUT RI ke- 73)

#Bagaimana cara mengeceknya dengan ponsel?

1.Buka Menu pada layar ponsel, kemudian pilih file Agenda selanjutnya buka aplikasi Kalender.

2.Akan terbuka otomatis kalender bulan Juli 2018. Kemudian tekan navigasi ke kanan untuk membuka kalender bulan Agustus.

3.Tempatkan kursor pada tanggal 17 Agustus dan itu persis kolom hari Jumat.

4.Tekan navigasi kursor ponsel ke atas sehingga bulan, berikutnya tahun akan berganti mundur.

5.Lakukan itu dengan hati-hati sampai ketemu tanggal 17 Agustus pada tahun-tahun yang bergerak mundur oleh pergerakan kursor.

Namun sangat disayangkan, kami tidak mengetahui persis rumus untuk menentukan tahun berapa jatuhnya Peringatan Detik-Detik Proklamasi yang bertepatan dengan hari Jumat.
Cara di atas jelas tidak efektif dan memerlukan waktu. Namun paling tidak dapat mengeceknya sendiri dan mengetahui dengan pasti.
Semoga artikel di atas menjadi bahan inspirasi bagi pengunjung yang budiman. Terima kasih.

0 Response to "Tahun Berapa Peringatan Detik-Detik Proklamasi Bertepatan Dengan Hari Jumat?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel