Tips Memilih Nama Domain untuk Blog Tema Pendidikan

Tips memilih nama domain untuk blog tema pendidikan – Semua blogger akan sepakat bahwa membuat sebuah blog perlu disesuaikan dengan minat dan kegiatannya sehari-hari. Hal ini cukup beralasan untuk memudahkan seorang blogger dalam membangun dan mengelola blognya.

tips,memilih,nama domain,pendidikan

Jika blogger adalah seorang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan misalnya. Sudah barang tentu blogger akan banyak mengetahui seluk beluk pendidikan itu sendiri, terutama berkaitan dengan tugas dan aktivitasnya dalam dunia pendidikan.

Oleh sebab itu lebih cocok untuk membuat dan membangun blog tema pendidikan. Namun tidak tertutup kemungkinannya blogger pendidikan  juga berminat dan menguasai tema lainnya.

Pada awalnya seorang blogger membuat blog gratisan di blogspot atau wordpress. Keduanya adalah tempat membuat blog atau sering juga disebut mesin blog. Dan, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Kiranya akan lebih mudah memilih ptatform blogspot ketimbang wordpress. Hal ini disebabkan tampilan blogspot lebih sederhana dan mudah digunakan.

#Memilih nama domain

Bagaimana memilih nama domain untuk blog bertema pendidikan? Pembahasan berikut ini mungkin menjadi bahan inspirasi bagi blogger yang membuat blog tema pendidikan.

Tidak ada keharusan bagi seorang blogger untuk memilih nama domain, termasuk ekstensi tertentu untuk blognya. Namun demikian jika seorang blogger pendidikan ingin membangun dan mengelola blog dengan serius, pemilihan nama domain dan ekstensi blog akan menjadi hal sangat penting untuk diperhatikan.

Domain atau nama domain adalah alamat web atau url (uniform resource locator). Contoh, namadomain.blogspot.com, nama domain untuk platform blogspot. Sebelum memberi nama domain perlu diperhatikan hal-hal berikut ini.

1.Kesesuaian
Sesuaikan nama domain dengan judul blog. Sebagai contoh saja, judul blog “Dunia Pendidikan”.  Gunakan namadomain duniapendidikan.blogspot.com. Menyesuaikan nama domain dengan judul blog berarti juga telah berusaha menyesuaikan nama domain dengan isi atau pembahasan dalam blog.

Dunia Pendidikan, berarti blog tersebut membahas seluk beluk atau masalah yang berkaitan dengan pendidikan.

Jika nama domain yang diinginkan tidak tersedia di blogspot, pilih saja nama sendiri atau nama pada akun gmail, misalnya, udaawak.blogspot.com.

2.Praktis
Pilih nama domain yang praktis. Praktis disini dimaknai mudah ditulis di kertas atau diketik pada tab browser internet. Kemudian mudah pula untuk diingat, tentu saja tidak hanya diingat oleh pemilik blog melainkan juga mudah diingat oleh pengunjung.

Selanjutnya sedapat mungkin pilih kata atau kelompok kata yang pendek dan lazim digunakan di internet. Dunia Pendidikan adalah kelompok kata yang singkat dan lazim digunakan di jaringan internet.


3.Unik
Unik mengandung pengertian khas, tidak sama atau berbeda dengan nama domain milik orang lain, nama perusahaan, merek dagang atau nama situs yang sudah mempunyai nama besar.

Salah satu tujuan memilih nama domain unik adalah agar blog yang telah dibuat, kelak tidak kalah dalam bersaing di mesin pencari, semisal google, yahoo, bing ask, yandex dan lain sebagainya. Selain itu juga menghindari hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari, seperti komplain atau gugatan dari pemilik nama domain yang merasa dirugikan.

Namun platform blog sangat selektif dan tidak mudah untuk menerima nama domain yang diusulkan oleh blogger.

#Beralih ke top level domain (TLD)

Jika berminat mengembangkan blog lebih lanjut disarankan untuk mengganti domain berplatform blogspot dengan domain berbayar. Pemilik blog dapat mengunjungi dan menghubungi layanan web hosting dan membeli domain yang anda suka.

Cukup banyak layanan web hosting Indonesia yang dapat anda jadikan pilihan. Niaga Hoster termasuk salah satu layanan penyedia domain dan wordpress hosting  Indonesia jadi pilihan blogger. Anda dapat memilih ekstensi domain, seperti dot com, dot id, dua ekstensi yang populer digunakan untuk blog bertema pendidikan.

Dengan beralih domain akan diperoleh ekstensi TLD tersebut.  Hal ini akan membuat performa blog menjadi lebih baik. Blog TLD alias domain berbayar akan mengguntungkan jika pemilik blog lebih serius mengembangkan blog menjadi blog bisnis online.  Bergabung dengan bisnis online google adsense dan menjadi publisher dengan memonetisasi blog .

Selain itu, memiliki blog dengan domain TLD akan menggairahkan pemilik blog untuk bersaing di halaman pertama pencarian google, bing, yahoo, ask, yandex dan lain sebagainya. Konon, blog dengan domain TLD lebih disukai oleh mesin pencari. Tentunya, blogger yang sudah menggunakan domain berbayar telah melihat dan menerima hasilnya.

0 Response to "Tips Memilih Nama Domain untuk Blog Tema Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel