Berbagi Ilmu Itu Indah

Berbagi ilmu itu indah – Benar kata orang bijak, berbagi itu indah. Kenapa indah? Karena berbagi sesuatu dengan orang lain akan mendatangkan kepuasan dan kesenangan. Dilakukan dengan niat dan I’tikad baik serta keikhlasan. Tujuan utamanya mengharap ridho dari Allah SWT.

berbagi ilmu,mengajar,guru

Indikasi berbagi itu memang indah, terlihat dari ucapan, sikap dan tingkah laku seseorang dalam membagikan sesuatu. Apakah orang itu senang, gembira dan berwajah simpatik ketika membagikan sesuatu kepada orang lain. 

Begitu pula ucapannya, paling tidak menyejukkan hati orang yang diberi atau pun yang melihatnya.

Tidak berbeda jauh dengan berbagi ilmu.  Barangkali seorang guru adalah orang yang suka berbagi ilmu kepada muridnya. 

Guru disini tidak hanya guru di lembaga formal. Guru di lembaga non formal, atau seseorang yang dianggap guru karena memiliki ilmu dan keahlian di bidang tertentu, meskipun umurnya lebih kecil dari usia kita.

Kalau begitu, jadi guru itu, baik guru di lembaga formal, non formal atau dianggap sebagai guru, tentulah menyenangkan. Berbagi ilmu dengan murid akan menjadi indah apalagi dilandasi dengan niat dan I’tikad baik serta keikhlasan.

Itu juga dikutip dari orang-orang bijak.

Kenyataannya memang benar kata-kata orang bijak. Mengajarkan ilmu kepada murid memang indah dan menyenangkan. Memang, murid di suatu kelas terdiri dari individu heterogen dengan aneka karakter.

Kadang-kadang, mereka menunjukkan karakter yang tidak diingini. Guru mau berbagi ilmu dalam kelas tetapi murid seakan tidak mau diberi ilmu. Bahkan menunjukkan sikap dan perilaku menyimpang sehingga mengganggu proses pembelajaran.
Mungkin, guru perlu selalu ingat, mereka adalah individu yang sedang mencari jati diri. Mereka butuh bimbingan untuk diluruskan oleh guru melalui berbagai strategi dan metode mengajar.

Memang, suatu strategi yang sudah disiapkan dalam perangkat mengajar yang bagus, kadangkala tidak mempan diterapkan di dalam kelas.  

Oleh karena guru mengusung visi berbagi ilmu itu indah. Guru tidak akan kehabisan akal dalam menghadapi situasi yang tidak menguntungkan itu. 

Guru punya trik dan kiat untuk menghadapi dinamika kelas yang cukup tinggi. Kalau perlu guru keluar dari jalur perangkat pembelajaran dan menggunakan metode Gado-Gado.
Demikianlah secuil inspirasi tentang berbagi ilmu itu indah sajian matrapendidikan.com kali ini. Mudah-mudahan benar-benar menjadi inspirasi buat kita semua.

0 Response to "Berbagi Ilmu Itu Indah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel