Kebiasaan Mencemooh Hambat Kemajuan Belajar Siswa

Kebiasaan mencemooh hambat kemajuan belajar siswa – Salah satu perilaku siswa yang dapat diamati dan menghambat kemajuan belajar siswa di sekolah adalah perilaku agresif. Semacam perilaku ‘bullying’  yang ditunjukkan siswa namun dalam bentuk verbal atau ucapan dan kata-kata yang mencemooh atau mengolok-olok teman dalam belajar di ruang kelas.

cemooh,olok-olok,hambat kemajuan,belajar
Kebiasaan mencemooh atau olok-olok hambat kemajuan belajar siswa (doc.matrapendidikan.com)

Perilaku verbal yang tidak sopan dan tidak menyenangkan ini akan memengaruhi keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran. Siswa yang biasanya aktif, rajin bertanya atau mengajukan pertanyaan akan terpengaruh.
Simak : 8 Fakta Unik Kebiasaan Siswa Saat Belajar di Sekolah
Akibat kebiasaan mencemooh atau mengolok-olok teman ini akan membuat siswa lain enggan untuk aktif dalam belajar, takut salah dan ditertawakan. Siswa lebih baik diam karena merasa lebih aman dengan sikap itu walaupun mereka ingin mengajaukan pertantaan atau menjawab pertanyaan.

Demikian inti sari penyampaian Ropi’u, S.Pd selaku pembina upacara pada SMPN 2 Lintau Buo di halaman sekolah, Senin (6/8). Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan itu mensinyalir penyebab ‘bullying’ verbal dalam pembelajaran terjadi karena siswa merasa lebih.

“Entah karena merasa lebih pintar atau gagah dari yang lainnya sehinga dengan mudah mengolok-olok, mentertawakan temannya ketika temannya bertanya atau menjawab pertanyaan guru.” ucap Ropi’u, S.Pd. dihadapan peserta upacara.

Akan tetapi Ropi’u, S.Pd menggarisbawahi kalau perilaku siswa tersebut hanya sekadar latah, terbawa-bawa kebiasaan di luar lingkungan pendidikan ke dalam lingkungan sekolah.

Oleh sebab itu Ropi’u, S.Pd selaku yang membidangi bagian kesiswaan menghimbau kepada semua siswa untuk menghilangkan kebiasaan mencemooh dan mengolok-olok teman dalam belajar.

Dengan berkurangnya kebiasaan mencemooh atau mengolok-olok teman dalam belajar akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih baik dan hasil belajar siswa juga meningkat, ujar Waka Kesiswaan SMPN 2 Lintau Buo.
Mengakhiri amanatnya, waka kesiswaan itu berpesan kepada kandidat ketua Osis yang akan menyampaikan visi dan misinya supaya tampil sebaik mungkin sehingga berpeluang besar untuk menjadi ketua Osis periode tahun ini.

0 Response to "Kebiasaan Mencemooh Hambat Kemajuan Belajar Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel