Forkopimca Lintau Buo Lepas Pawai Alegoris Seni dan Budaya

Forkopimca lintau buo lepas pawai alegoris seni dan budaya – Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Lintau Buo melepas arak-arakan adat dan budaya dalam rangka memeriahkan HUT RI ke- 73 yang bertempat di depan SDN 12 Pangian Lintau Buo, Jumat sore (17/8).

Pawai alegoris adat dan budaya Minangkabau dalam memeriahkan HUT RI ke- 73 (matrapendidikan.com)

Pawai bertajuk melestarikan adat dan budaya Minangkabau tersebut dilepas oleh Camat, Kapolsek dan Dandim Lintau Buo dengan mengangkat bendera start. Dikuti oleh ratusan pelajar dan pegawai dari berbagai intansi di Kecamatan Lintau Buo.

Peserta pawai menampilkan alegoris dari berbagai adat dan budaya Lintau Buo khususnya dan budaya Minangkabau umumnya. Selain itu peserta pawai yang umumnya diikuti oleh pelajar SM/MTs dan SD mengenakan berbagai pakaian dan atribut profesi.

Dari SMPN 2 Lintau Buo menampilkan alegoris adat kematian dan turun mandi. Selain itu juga menampilkan atribut petani, alim ulama, muslim dan muslima, penganan lingkungan, dokter, mahasuiswa, dan lain-lain.

Nefrida, salah seorang guru seni dan budaya menyebutkan bahwa penampilan atribut seni dan budaya bertujuan untuk melestarikan nilai adat dan budaya yang ada di Minangkabau.

“Selain itu pawai alegoris ini juga memeriahkan peringatan HUT RI ke- 73 sehingga suasananya benar-benar meriah,” tutur Nefrida dalam bincang-bincang ringan dengan matrapendidikan.com.

Antara seni dan budaya suatu daerah terdapat hubungan yang kuat dengan kemerdekaan RI. Seni dan budaya telah mampu merekat rasa persatuan dan kesatuan dalam NKRI.

Hal itu terdapat dalam symbol Bhinneka Tunggal Ika, meskipun berbeda-beda suku, budaya dan tradisi namun tetap satu dalam wadah NKRI.

0 Response to "Forkopimca Lintau Buo Lepas Pawai Alegoris Seni dan Budaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel