Ust. Iswardi, S.Pd.I : Ibadah Qurban Sebagai Wadah Taqarrub Kepada Allah SWT

Ust. iswardi, s.pd.i : Ibadah qurban sebagai wadah taqarrub kepada allah swt – Masjid Al Muttaqin Nagari Tigo Jangko, Lintau Buo dipenuhi oleh jamaah untuk menunaikan shalat Idul Adha 1439 H. Sementara itu bertindak sebagai khatib adalah ustadz Iswardi, S.Pd.I, putra asli dari Nagari Tigo Jangko.

iswardi,khatib,kutbah ied
Ust.Iswardi, S.Pd.I bersama keluarga tercinta saat lebaran lalu (matrapendidikan.com)

Admin matrapendidikan.com yang melaksanakan shalat ied di masjid tersebut menyimpulkan kutbah shalat ied, bahwa ibadah qurban sesungguhnya menjadi salah satu wadah mengajak umat muslim untuk bertaqarraub (mendekatkan diri) kepada Allah SWT.

Pada awal kutbahnya, Ustadz Iswardi, S.Pd.I mengingatkan bahwa kisah Nabi Ibrahim As dengan putranya Ismail dapat dibaca dalam Surat assh-Soffat ayat 99 -111.

Nabi Ibrahim As sangat mengidam-idamkan seorang anak yang soleh. Oleh sebab itu ia selalu berdoa, Ya Rabbku, anugerahkanlah kepada kami seorang anak yang shalih.

Doa Nabi Ibrahim As dikabulkan oleh Allah SWT setelah delapan puluhan tahun. Nabi Ibrahim As dikaruniai seorang putra yang diberi nama Ismail, anak yang cerdas dan sabar. Namun ketika Ismail menginjak dewasa, Nabi Ibrahim diuji oleh Allah SWT.

Nabi Ibrahim As bermimpi mendapat perintah untuk menyemblih anak semata wayang dan diimpikan cukup lama. Mimpi Nabi Ibrahim As tersebut diceritakan kepada putranya Ismail. Terjadilah musyawarah untuk mencapai mufakat antara bapak dengan seorang anak.

Ismail memang anak yang salih dan sabar. Sang putra tidak keberatan menerimanya dengan ikhlas dan sabar karena mimpi itu adalah perintah Allah SWT. Bahkan sang putra menganjurkan agar secepatnya dilaksanakan perintah Allah SWT tersebut.

Karena ketaatan Nabi Ibrahim AS dan putranya Ismail, Allah SWT menggantinya semblihan itu dengan seekor kibas. Peristiwa akbar inilah yang menjadi latar belakang bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah qurban setiap bulan Dzulhijah.

Agar ibadah qurban diterima oleh Allah SWT maka ibadah tersebut harus dilaksanakan dengan ikhlas dan penuh ketaqwaan serta mengikuti tata cara berqurban yang benar.

0 Response to "Ust. Iswardi, S.Pd.I : Ibadah Qurban Sebagai Wadah Taqarrub Kepada Allah SWT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel