4 Langkah Persiapan Pemilihan Ketua Osis

4 Langkah persiapan pemilihan ketua osis – Della Dwi Puspita terpilih secara aklamasi sebagai ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK) SMPN 2 Lintau Buo dalam rapat perwakilan kelas yang dilaksanakan Sabtu lalu. Sedangkan Ronal Dwi Kurnia dan Natasya Amelia masing-masing terpilih sebagai Wakil Ketua dan Sekretaris.

rapat mpk,persiapan pemilihan,ketua osis
Rapat MPK untuk persiapan pemilihan ketua Osis (doc.matrapendidikan.com)

Rapat perwakilan kelas dihadiri oleh pengurus Osis lama dan perwakilan kelas dari seluruh kelas yang ada di sekolah. Setiap kelas mengirim 4 perwakilan untuk mengikuti rapat pembentukan pengurus MPK.

Rapat perdana kesiswaan di awal tahun pelajaran 2018/2019 tersebut untuk memilih pengurus MPK dan persiapan pemilihan ketua Osis.
Berkaitan dengan momentum tersebut disajikan bahasan contoh sederhana tentang langkah persiapan pemilihan ketua Osis oleh pengurus MPK..

Langkah persiapan

Salah satu tugas MPK adalah menyelenggarakan pemilihan pengurus Osis. Pemilihan pengurus Osis memerlukan persiapan dengan melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan. Berikut langkah-langkah persiapan pemilihan pengurus Osis:

1.Menjaring nama kandididat ketua Osis
Dalam rapat dijaring nama kandidat ketua Osis sebanyak 6 nama yang bukan dari kelas IX. Artinya kandidat ketua Osis sebaknya dari siswa kelas VII dan VIII. Penjaringan dilakukan dengan cara meminta peserta rapat untuk mencalonkan diri.

Jika tidak ada yang mau mencalonkan diri maka selanjutnya meminta siapa nama kandidat yang perlu diusulkan untuk menjadi peserta pemilihan ketua Osis.

2.Menetapkan nama kandidat ketua Osis
Setelah menjaring nama kandidat, pengurus MPK menetapkan nama kandidat yang ikut pemilihan  ketua Osis. Setelah menatpkan nama kandidat, pengurus MPK meminta saran kepada pembina Osis untuk disampaikan kepada kandidat ketua Osis yang ikut pada pemilihan Osis.

3.Menetukan jadwal penyampaian Visi dan Misi
Pengurus MPK menentukan jadwal penyampaian Visi dan Misi oleh masing-masing kandidat ketua Osis. Untuk jenjang SMP tahap ini lazimnya dilaksanakn penyampaian visi dan misi, semacam kampanye.

4.Menentukan jadwal pemilihan ketua Osis
Langkah terakhir dalam rapat persiapan pemilihan pengurus Osis adalah menetapkan jadwal pemilihan ketua Osis. Selain itu pengurus MPK mempersiapkan langkah-langkah dalam pemilihan ketua Osis.
Demikianlah contoh langkah persiapan pemilihan ketua Osis untuk jenjang pendidikan SMP.

0 Response to "4 Langkah Persiapan Pemilihan Ketua Osis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel