Pangkalan SMAN 2 Lintau Buo Terima Catam

Pangkalan sman 2 lintau buo terima 'catam' – Gugus Depan (Gudep) 10.695-10.696, Ambalan H.Agus Salim dan Hj.Rasuna Said, Pangkaaln SMAN 2 Lintau Buo menerima Calon Tamu Ambalan (Catam). Upacara penerimaan Catam tersebut berlangsung hidmad di halaman Pangkalan SMAN Lintau Buo, Minggu sore (25/8/18).

Kontributor matra pendidikan, Rahid Sikumbang yang terjun langsung dalam upacara penerimaan Catam di Pangkalan SMAN 2 Lintau Buo melaporkan via messenger facebook bahwa bertindak selaku pembina upacara adalah Benni Rikki S.Kom.

Sementara itu Ulil Ambri dan Hafizah Sakinah bertindak selaku Pemangku Adat serta Alfiadi Akbar selaku Pradana dalam upacara penerimaan Catam tersebut.

Dalam penerimaan Catam maupun pelepasan anggota ambalan, sebagaimana disampaikan Rahid Sikumbang terkandung nilai-nilai pendidikan karakter. Hal ini sesuai dengan tujuan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah khususnya bidang kepramukaan. 

Selain itu dalam penerimaan Catam dan pelepasan anggota Ambalan, sesuai dengan falsafah Minangkabau, Datang Tampak Muka, Pergi Tampak Punggung. Pada saat penerimaan Catam, anggota ambalan diterima secara resmi melalui upacara khusus.

Begitu pula saat ambalan meninggalkan sekolah karena sudah menyelesaikan pendidikannya.

Selain pendidikan karakter, calon tamu ambalan juga dibekali dengan berbagai materi dalam kepramukaan dan kebiasaan-kebiasaan yang berlaku di pangkalan SMAN 2 Lintau Buo. 

Setelah kegiatan ini Catam akan dikukuhkan menjadi anggota ambalan di SMAN 2 Lintau Buo, ujar Rahid Sikumbang.***