Pemilih Berikan Suara, Pilketos Berjalan Lancar

Pemilih berikan suara, pilketos berjalan lancar – Proses Pemilihan Ketua Osis (Pilketos) di SMPN 2 Lintau Buo telah menyelesaikan tahap pemberian suara. Hampir semua personel sekolah; peserta didik, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan telah menyalurkan suaranya di tempat pemungutan suara (TPS), Jumat Pagi (10/8).

ketua kpo,kandidat,daftar hadir
Ketua Komisi Pemilihan Osis (KPO) Della Dwi Puspita dan dua kandidat mengisi daftar hadir sebelum memberikan suara (matrapendidikan.com)

Keenam kandidat Ketos periode 2018/2019 nampak hadir di TPS sekaligus memberikan suaranya di bilik suara. Dari awal proses pemilihan, keenam kandidat menyaksikan dengan cermat.

Proses pemungutan suara diawali dengan pemanggilan pemilih oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) melalui pengeras suara. Setiap kelas, secara bergiliran mendatangi TPS didampingi guru yang mengajar saat itu.

Sebelum memberikan suara, pemilih duduk di kursi yang disediakan. Panitia memanggil nama pemilih satu per satu untuk mengisi daftar hadir, kemudian menerima surat suara dari panitia.

Selanjutnya pemilih menuju bilik suara yang terdiri dari 5 bilik pencoblosan. Pemilih mencoblos nomor urut atau nama kandidat yang tertera pada kertas surat suara.

Usai mencoblos, pemilih melipat kembali surat suara, menuju tempat kotak suara. Setelah itu pemilih yang telah memberikan suara segera menuju loket pemberian tanda dengan tinta biru pada telunjuk sebelah kiri.

Kepala SMPN 2 Lintau Buo, Fauzi, S.Pd, tak mau ketinggalan dalam memberikan suaranya dalam Pilketos tersebut. “Benar-benar seperti suasana pada Pemilu,,” komentar kepala sekolah disela-sela berfoto bersama kandidat dan panitia pemungutan suara.

Dalam waktu berbeda, unsur pimpinan lainnya juga memberikan suara untuk pilihannya. Wkil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Ropi’u, S.Pd dan Wakil Kepala sekolah bidang Kurikulum Jab Sri Arinda, S.Pd tak kalah serunya dalam melaksanakan proses pencoblosan.

pemilih,kotak suara,mencoblos
Pemilih measukan surat suara ke dalam kotak suara setelah mencoblos kandidat pilihannya (matrapendidikan.com)

Kepala Tata Usaha, Jismaini, SE saking semangatnya sampai lupa alur pencoblosan kertas surat suara sehingga harus dipandu oleh anggota panitia.

Baik pemilih dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan maupun peserta didik telah mengikuti alur pemeberian suara di TPS.  Kepatuhan pemilih menaati dan mengikuti alur Pilketos menjadi pembelajaran berharga pada Pilketos Periode 2018/2019 ini.   

“Sikap dan perilaku ketaatan dalam mengikuti proses demokrasi, semisal Pilketos ini menjadi pembelajaran berharga dalam mengembangkan proses demokrasi di negeri tercinta ini,”  ujar Pembina Osis Edy Samsul didampingi Pembina Kegiatan Ekstrakurikuler R.Hidayatullah, A.Md.Kom dan Hary Delfingra,S.Pd usai mengamati jalannya proses pemungutan suara.

Lebih jauh ia menegaskan kalau Pilketos seperti ini bukanlah hal yang mengada-ada atau kegiatan berlebihan. Ini adalah kreativitas siswa dan memang sudah banyak SMP di luar sana yang menyelenggarakan Pilketos seperti ini.

Pilketos ini bagian dari Program Pembinaan Kesiswaan melalui Osis pada Sekbid V, Pendidikan Berorganisasi, Politik dan Kepemimpinan. 

Dalam agenda MPK selaku pelaksana Pilketos, penghitungan suara akan dilaksanakan Senin mendatang, (13/8) dalam rapat Perwakilan Kelas.

0 Response to "Pemilih Berikan Suara, Pilketos Berjalan Lancar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel