Pemilihan Pengurus Osis, Lebih Awal Lebih Siap

Pemilihan dan pelantikan pengurus Osis, lebih awal lebih siap– Pemilihan pengurus Osis di sekolah seyogyanya dilaksanakan di awal-awal semester pada tahun pelajaran baru. Namun karena lain dan sesuatu hal, pembentukan pengurus Osis jadi terkendala dan tertunda waktunya.

pelantikan,pemilihan,pengurus, Osis
Pelantikan pengurus Osis lebih awal lebih siap (doc.matrapendidikan.com)

Padatnya kegiatan di awal tahun pelajaran baru menjadi salah satu kendala untuk melaksanakan pemilihan pengurus Osis. Begitu pula di kalangan siswa yang masih mempersiapkan segala sesuatunya berkaitan dengan kegiatan belajar.

Selain itu, siswa juga membenahi kelasnya masing-masing. Misalnya, menyiapkan perangkat administrasi kelas yang dipandu oleh para wali kelas.

Tak tertutup kemungkinan hal lain yang menjadi kendala dalam mempercepat kegiatan proses pemilihan dan pelantikan Osis. Hal ini dialami oleh Osis SMPN 2 Lintau Buo Tahun 2017/2018 lalu. Pemilihan pengurus Osis dilaksanakan Minggu ke- 2 September namun pelantikannya justru baru bulan Februari.

Lebih awal lebih siap

Pemilihan dan pelantikan pengurus Osis lebih awal akan memberi kesempatan pada pengurus Osis baru untuk membuat program kerja dan melaksanakan program kerja tersebut sesuai waktunya.

Dengan demikian berlaku semboyan lebih awal lebih siap. Agar pemilihan pengurus Osis di sekolah dapat dilaksanakan lebih awal maka kepala sekolah perlu menerbitkan Surat Keterangan (SK) berkaitan dengan Pembina Osis dan Kegiatan Ekstrakurikuler.

Penunjukkan guru sebagai pembina Osis dan pembina kegiatan ekstrakurikuler telah dilaksanakan sewaktu lokakarya sekolah. Dengan demikian pada awal semester dan tahun pelajaran baru, kepala sekolah siap untuk menerbitkan SK, seperti: a). SK Pembagian Tugas Pembina Osis, b).SK Pembina Kegiatan Ekstrakurikuler.

Kemudian berdasarkan SK terbut, pembina Osis maupun pembina kegiatan Eksrakurikuler yang telah ditunjuk dapat menyusun program kegiatan lebih awal. Bagi pembina Osis, SK penugasan menjadi landasasan untuk menyusun program kerja lebih awal. Begitu pula pemilihan dan pelantikan pengurus Osis baru di sekolah.
Dengan konsep pemikiran seperti di atas akan mengantarkan pembina Osis untuk menyelenggarakan pemilihan dan pelantikan pengurus Osis lebih awal.

0 Response to "Pemilihan Pengurus Osis, Lebih Awal Lebih Siap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel