Peranan Gerakan Pramuka dalam Merekat NKRI

Peranan gerakan pramuka dalam merekat nkri – Tanggal 14 Agustus setiap tahun diperingati sebagai Hari Gerakan Pramuka Indonesia. Tahun 2018 ini diperingati Hari Gerakan Pramuka ke- 57. Dalam rangka memeringati Hari Gerakan Pramuka tersebut, kami turunkan sebuah artikel dengan judul Peranan Gerakan Pramuka dalam Merekat NKRI.

gerakan pramuka,peranan pramuka,nkri
Logo dan tema Hari Pramuka ke- 57 (pramuka.org.id)

Dalam rangka memeringati Gerakan Pramuka Indonesia, pemerintah mengeluarkan logo dan tema khusus setiap tahunnya. Seperti tahun ini, tema peringatan Gerakan Pramuka, seperti yang tertera pada logo adalah Pramuka Perekat NKRI.

Tanggal 14 Agustus bukanlah hari lahirnya pramuka Indonesia melainkan pergantian gerakan kepanduan dengan Gerakan Pramuka Indonesia pada tahun 1961. Sekaligus pelantikan Mapinas (Majelis Pimpinan Nasional) dan Kwarnas (Kwartir nasional) oleh Presiden RI di istana Merdeka.
Pada peringatan Gerakan Pramuka ke- 57 ini, yang tak kalah penting kita renungkan adalah sejauhmana kiprah Gerakan Pramuka terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

NKRI tetap utuh sampai sekarang ini, tidak terlepas dari peranan Gerakan Pramuka Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari visi dan solusi Gerakan Pramuka sehingga merekat NKRI.

1.Pembinaan generasi muda

Gerakan Pramuka merupakan wadah edukasi bagi generasi muda dalam menumbuhkembangkan semangat nasionalisme dan patritisme. Pembinaan generasi muda melalui Gerakan Pramuka telah berhasil meningkatkan jiwa persatuan dan semangat berjuang dalam mempertahankan NKRI.

2.Agen perubahan nilai karakter

Gerakan pramuka menjadi agen perubahan dalam mewujudkan nilai-nila karakter bangsa Indonesia. Melalui pembinaan Gerakan Pramuka dapat diwujudkan karakter mandiri,  berkepribadian baik, suka bekerja sama dan menolong sesama, serta berjiwa nasionalisme.

3.Media pendidikan karakter

Gerakan Pramuka Indonesia menjadi salah satu media dalam membentuk karakter bangsa. Gerakan Pramuka melahirkan generasi muda berpengetahuan luas, berkarakter mandiri dan memiliki semangat patritisme.

Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda, agen perubahan dan pendidikan karakter bangsa telah memberikan adil besara dalam merekat NKRI sehingga tetap utuh. Salam Pramuka.

0 Response to "Peranan Gerakan Pramuka dalam Merekat NKRI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel