Pilketos, Ajang Belajar Demokrasi di Sekolah

Pilketos, ajang belajar demokrasi di sekolah – Pesta demokrasi ala anak SMP, Pemilihan Ketua Osis (Pilketos), yang diselenggarakan di SMPN 2 Lintau Buo, tinggal menunggu waktu dalam hitungan jam. Enam kandidat Ketos akan berebut simpati dan suara dari warga sekolah melalui Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sekolah.


Keenam kandidiat yang bakal bertarung dalam Pilketos, Jumat (10/8) adalah Jingga Mahesa Putri (01), Rindu Ananda Mayora (02), Halfat Habilillah (03), Winda Maisa Putri (04), Amanda Putri Nurrahma (05) dan Radar Mustika (06).

Sarana dan fasilitas Pilketos disediakan oleh pihak sekolah. Kemudian diserahkan kepada anggota MPK selaku penyelenggara Pilketos Periode 2018/2019. Della Dwi Puspita selaku Ketua Pilketos didampingi Arsy Annisa menyatakan kesiapannya untuk menyelenggarakan Pilketos, Jumat (9/8).

Mekanisme Pilketos sebagaimana diinfokan sebelumnya dimulai dengan penjaringan calon Ketos, penetapan calon ketos dan nomor peserta, penyampaian orasi berupa visi dan misi sudah selesai dilaksanakan.

Berorganisasi dan Pendidikan Politik

Pembina Osis SMPN 2 Lintau Buo, Edy Samsul dalam release-nya kepada matrapendidikan.com mengatakan bahwa Pilketos dengan metode pemilu atau pilkada ini sebagai penerapan program pembinaan kesiswaan melalui Osis, khususnya Sekbid V (Pendidikan Berorganisasi, Politik dan Kepemimpianan).

“Ini menjadi wahana pembelajaran bagi siswa bagaimana berdemokrasi yang baik di negeri tercinta ini.  Anak usia SMP akan memasuki usia dimana akan berpartisipasi menjadi pemilih dan berhak dipilih. 

Mereka dalam waktu yang tak begitu lama akan berkecimpung menjadi pemilih dalam berbagai pemilihan calon pemimpin. Mulai dari tingkat nagari (pemilihan Wali Nagari-Pilwana), Pemilihan Kepala Daerah (PIlkada), Sampai pemilihan legislatif dan Pemilihan Presiden/wakil presiden (Pilpres/Pilwapres).

Melalui Pilketos siswa belajar bagaimana prosedur pemilihan, bagaimana jadi pemilih yang baik, mentapkan pilihan dengan hati nurasi bukan ikut-ikutan." tulisnya.

Diharapkan semua warga sekolah dapat memberikan hak suaranya kepada salah seorang kandidat sehingga muncul nama terbaik dari yang baik menjadi ketua Osis SMPN 2 Lintau Buo periode 2018/2019.

0 Response to "Pilketos, Ajang Belajar Demokrasi di Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel