Rapat Perdana Osis Bentuk Pengurus MPK

Rapat perdana osis bentuk pengurus MPK – Pembina Osis telah memfasilitasi rapat perdana Osis di awal tahun pelajaran 2018/2019, setelah mendapat persetujuan dari Kepala SMPN 2 Lintau Buo, Fauzi, S.Pd. Rapat dengan agenda utama pembentukan Pengurus Majelis Perwakilan Kelas (MPK) dan persiapan pemilihan ketua osis baru itu berlangsung di ruang Laboratorium IPA sekolah tersebut, Sabtu sore (4/8).

pembukaan,rapat osis,perdana
Ropi'u, S.Pd, Waka Kesiswaan SMPN 2 Lintau Buo membuka rapat perdana Osis (Rahid.S/matrapendidikan.com)

Rapat pertama tersebut merupakan langkah awal dalam pelaksanaan program pembinaan kesiswaaan di SMPN 2 Lintau Buo. Rapat diikuti oleh seluruh perwakilan kelas dan pengurus Osis serta MPK periode 2017/2018.

Selain itu rapat yang digelar dan domotori oleh pengurus Osis dan MPK periode 2017/2018 lalu tersebut juga dihadiri oleh unsur pimpinan sekolah, pembina Osis dan pembina kegiatan ekstrakurikuler.

#Dua agenda penting

Agenda penting dalam rapat perdana Osis SMPN 2 Lintau Buo adalah:

1).Pembentukan pengurus MPK
Pengurus inti MPK yang dibentuk dalam kesempatan tersebut, masing-masing Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris. Pengurus MPK berasal dari perwakilan kelas dan pengurus Osis sebelumnya.

Della Dwi Pusita terpilih secara aklamasi untuk menjadi ketua MPK. Sedangkan Ronald Dwi Kurnia menjadi wakil ketua dan Sekretaris MPK Natasya Amelia.

2.Persiapan pemilihan ketua Osis
Persiapan pemilihan ketua Osis diserahkan kepada pengurus MPK dengan moderator Arsy Annisa. Dalam penjaringan kandidat Ketua Osis, mengapung 6 nama, yaitu:

1.Jingga Mahesa Putri
2.Radar Mustika
3.Rindu ananda Mayora
4.Halfat Habilillah
5.Amanda Putri Nurrahmi
6.Winda Mahesa Putri.

Berdasarkan hasil musyawarah Pengurus MPK dengan peserta rapat, disepakati bahwa agenda selanjutnya adalah pemilihan Ketua Osis yang direncanakan  pada Hari Kamis (9/8) dengan sistem secara langsung.

Setiap siswa berhak memberikan satu suara untuk satu kandidat. Sebelum itu, pada hari Senin (6/8) akan dilangsungkan penyampaian Visi dan Misi kandidat Ketua Osis usai pelaksanaan upacara bendera.. 

#Prosesi rapat berlangsung alot dan demokratis

Sesi persiapan pemilihan ketua Osis periode 2018/2019 berlangsung alot dan demokratis.  Rapat itu disaksikan langsung oleh Ropi’u, S.Pd (Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan), Edy Samsul (Pembina Osis), Hary Delfingra, S.Pd (Pembina Sekbid VII), R.Hidayatullah, A.Md.Kom ( Pembina sekbid IV).

suasana rapt,pengurus mpk,moderator
Suasana rapat pembentukan pengurus MPK dan persiapan pemilihan pengurus Osis (Rahid S./matrapendidikan.com)

Prosesi penjaringan calon ketua Osis tidak memakan waktu lama. Setelah terjaring 6 nama kandidat yang maju pada proses pemilihan ketua Osis, dilanjutkan dengan sistem pemilihan Ketua Osis.

Dalam penetapan sistem pemilihan ketua osis terjadi debat hangat antara pengurus MPK dengan peserta rapat sehingga Arsy Annisa, moderator rapat, bekerja keras untuk mengetengahi perdebatan itu.

Ketua MPK terpilih, Della Dwi Puspita bersikukuh untuk menerapkan sistem pemungutan suara langsung dengan cara mengunjungi peserta pemilih ke setiap kelas.

Sementara itu Wakil ketua MPK, Ronal Dwi Kurnia mengusulkan agar proses pemilihan sebaliknya, justru siswa dari setiap kelas yang mengunjungi dan memberikan suara pada tempat yang disediakan MPK.

Perdebatan itu sesungguhnya berkisar antara ‘mengunjungi’ dan ‘dikunjungi’. Mengunjungi maksudnya, pengurus MPK mengunjungi setiap kelas dengan membawa kotak suara. Sedangkan dikunjungi, pengurus MPK menunggu para pemberi suara di satu tempat yang disediakan.

Akhirnya sistem pemilihan suara disepakati pilihan kedua dimana pengurus MPK sudah menyediakan tempat dan fasilitas pemungutan suara. Pemilih setiap kelas bergiliran mendatangi tempat pemungutan suara yang disediakan oleh pengurus MPK.
Sementara itu, Kepala SMPN 2 Lintau Buo, Fauzi, S.Pd memberikan reaksi kagum atas prosesi rapat Osis yang berlangsung sampai sore dan saat hujan deras.

“Wah, bukan main, Id. Kayak rapat di KPU saja anak-anak kita…,” kata kepala sekolah kepada kontributor matrapendidikan.com Rahid Sikumbang via WA SMPN 2 Lintau Buo.

“Iya, pak. Itu baru pembentukan MPK dan pencalonan Ketos (ketua Osis). Dan ini baru selesai pukul 17.00 WIB tadi, pak.” Balas Rahid Sikumbang.

0 Response to "Rapat Perdana Osis Bentuk Pengurus MPK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel