100 Pelajar SMP Ikuti Penyuluhan Penyakit HIV-AIDS

100 Pelajar SMP ikuti penyuluhan penyakit hiv-aids – Sekitar seratusan orang pelajar dari SMPN 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar telah mengikuti penyuluhan tentang penyakit HIV dan AIDS di aula sekolah tersebut, Senin (17/09).

siswa,penyuluhan,aids,hiv,organ
Siswa memperoleh penyuluhan tentang penyakit hiv-Aids dari petugas dinas kesehatan (Ropi'u,/matrapendidikan.com)

Sosialisasi penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) tersebut merupakan kerja sama antara Dinas Kesehatan dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Tanah Datar.

Penyuluhan dilakukan oleh Tim KPA (Komisi Penanggulangan Aids) Kabupaten Tanah Datar yang terdiri dari  Adel Wisman Syarif, Edward dan Syapartini.

Virus dan penyakit HIV ini sangat menakutkan bagi manusia. Virus HIV menyebabkan penyakit HIV dimana kekebalan tubuh seseorang menjadi lemah sehingga mudah terserang penyakit. Virus ini dalam waktu jangka panjang akan menimbulkan penyakit AIDS.

Penularan HIV dapat melalui kontak seksual dan non seksual seperti transmisi antar jarum suntik, donor darah, plasenta, air mata dan air liur.

Sosialisasi HIV dan AIDS ke sekolah-sekolah merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk mencegah menjangkitnya penyakit HIV dan AIDS. Siswa sebagai remaja dan generasi muda berperan dalam menanggulangi penyakit organ kelamin tersebut.

Oleh sebab itu sejak dini siswa diberi penyuluhan dengan memberikan pengetahuan tentang virus dan penyakit AIDS, penyebab timbulnya penyakit AIDS serta penanganan dan pencegahan penyakit AIDS.

Penyakit AIDS disebabkan oleh virus HIV dan merupakan salah satu bentuk penyakit atau kelainan pada organ kelamin. Hal ini juga dipelajari siswa kelas 9 SMP khususnya pada materi Sistem Reproduksi pada manusia.

Sementara itu Arlis Anwar, S.Pd. guru IPA di sekolah menyebutkan bahwa sosialisasi penyakit HIV-AIDS ini juga menjadi bahan referensi bagi siswa dalam mempelajari materi Sistem Reproduksi pada manusia.

0 Response to "100 Pelajar SMP Ikuti Penyuluhan Penyakit HIV-AIDS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel