Guru Itu Juga Belajar Ketika Mengajar di Ruang Kelas

Guru itu juga belajar ketika mengajar di ruang kelas – Seorang guru bekerja mengajar murid di kelas. Itu pertanda guru memiliki kelebihan dari murid, dari segi apa pun. Ya, dari segi apapun. Dari segi usia, ilmu pengetahuan, sikap dan kepribadian serta pengalaman. Kesemua ini tidak dapat ditawar-tawar lagi.

guru,belajar,mengajar,murid
 Ilustrasi guru belajar dan mengajar (pixabay.com)

Meskipun guru harus memiliki kelebihan dari murid-muridnya, tugas mengajar tidak selalu berjalan mulus. Guru akan menghadapi berbagai tantangan dan hambatan dalam mengajar.

Jarang didengar saat ini guru pintar, guru sukses dan julukan lainnya. Kalau pun ada julukan tersebut melekat pada seorang guru, itu hanya bersifat subjektif dan relatif.

Berdasarkan hal tersebut di atas, guru juga harus belajar. Belajar dari murid ketika menjalankan tugasnya mengajar. Belajar dari murid bukan masalah keilmuan atau pun materi pelajaran.

Kelebihan guru dari murid dalam hal penguasaan materi pelajaran tidak terbantah lagi. Tapi yang perlu dipelajari guru dari murid adalah bagaimana menghadapi murid itu sendiri ketika terjadi pembelajaran di ruang kelas. Kenapa?
Yang paling sulit itu sesungguhnya adalah membelajarkan siswa. Menciptakan suasana bagaimana siswa dapat belajar dengan baik.

Guru belum dikatakan sudah mengajar kalau muridnya belum belajar. Murid akan belajar bila sudah tercipta suasana dimana siswa dapat belajar.

Menciptakan suasana belajar, berkaitan dengan penguasaan kelas. Belum tentu semua guru dapat menguasai kelas dengan baik ketika mengajar. Nah, disinilah pentingnya guru belajar dari muridnya ketika mengajar.
Guru yang belajar dari muridnya akan memperoleh informasi karakter murid di kelas yang dihadapinya. Ternyata sebuah kelas dihuni oleh siswa dengan multi karakter dan potensi. Sikap dan tingkah laku berbeda satu sama lainnya, kemampuan intelektual serta kemauan belajar yang tidak sama.
Pengetahuan mendalam akan karakter siswa dalam kelas akan memberi pengalaman kepada guru bagaimana menghadapi mereka di dalam kelas. Pengetahuan ini juga akan menggerakan guru untuk menemukan dan menerapkan strategi dan metode mengajar yang sesuai. Sesuai dengan karakter murid di dalam kelas.

0 Response to "Guru Itu Juga Belajar Ketika Mengajar di Ruang Kelas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel