Jenuh Belajar di Sekolah, Coba 'Refreshing' di Alam Terbuka

Jenuh belajar di sekolah, coba refreshing di alam terbuka – Tak dapat dielakkan lagi, sistem yang berlaku dalam dunia pendidikan di lembaga sekolah saat ini menghendaki siswa lebih banyak waktunya berada di lingkungan sekolah. Kegiatan siswa selama di sekolah meliputi intrakurikuler, ko kurikuler dan ekstrakurikuler yang sudah terjadwal.

berinteraksi alam,siswa,pembelajaran,alam terbuka
Belajar dan berinteraksi dengan alam dpat kurangi kejenuhan siswa di sekolah (Rahid.S/matrapendidikan.com)

Di sisi lain, kondisi ini menjadikan waktu siswa bersama orangtua di rumah atau bergaul dengan lingkungan masyarakat dan alam sekitarnya akan berkurang. Ini berrati juga, waktu bermain, istirahat dan berinteraksi sosial para siswa juga semakin berkurang.

Pembelajaran yang bersifat rutinitas, berlangsung terus-menerus dan monoton karena sudah terjadwal akan menimbulkan kejenuhan pada siswa. Bahkan mungkin para guru juga mengalami hal serupa.

Mengantisipasi kejenuhan belajar di lingkungan sekolah maka pembina Osis, guru mata pelajaran dan unsur pimpinan sekolah perlu bekerja sama untuk menciptakan situasi dan kondisi pembelajaran bervariasi. Memadukan bentuk kegiatan siswa antara di dalam lingkungan sekolah dan di luar lingkungan sekolah.

Mengadakan hiking masal seluruh warga sekolah dalam rentang waktu  sekali sebulan atau triwulan, mungkin cukup bermakna dalam menyegarkan otak siswa. Begitu pula mengadakan kegiatan outbond pada hari tertentu atau hari libur.

Di lingkungan alam terbuka, siswa tidak hanya sekadar mengadakan refreshing (penyegaran) namun dalam kegiatan tersebut berfungsi untuk penanaman nilai karakter dan penerapan teori materi pelajaran.

Yang sering menjadi persoalan dalam kegiatan outbond adalah pengelolaan siswa. Alasan yang paling umum adalah kesulitan mengelola siswa dalam jumlah banyak di lingkungan alam.

Namun demikian pengelompokkan siswa menjadi beberapa grup juga menjadi alternatif pemecahan masalah tersebut. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan dibimbing oleh beberapa guru.
Belajar di alam terbuka di luar lingkungan sekolah,  diperkirakan akan dapat mengatasi kejenuhan siswa dalam menjalani pembelajaran rutin di lingkungan sekolah.

0 Response to "Jenuh Belajar di Sekolah, Coba 'Refreshing' di Alam Terbuka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel