Lidah Tak Bertulang, Juga Berfungsi Sebagai Alat Indra Pengecap Rasa

Lidah tak bertulang, juga berfungsi sebagai alat indra pengecap rasa – Manusia dan sebagian besar makhluk hidup hewan memiliki organ tubuh yang disebut lidah. Pada manusia, lidah yang tak bertulang itu mempunyai fungsi yang sangat istimewa. Di antaranya, dapat membedakan bermacam rasa dan menjadi salah satu alat untuk berbicara.

fungsi,lidah,indra pengecap
Ilustrasi bagian-bagian lidah sebagai indra pengecap rasa (Pexels.com)

Lidah merupakan organ tubuh yang terdiri dari otot yang diliputi selaput lendir yang tipis dan berifat fleksibel karena tidak meiliki tulang. Karena itu lidah dapat digerakkan dengan bebas kesana kemari. Ke atas dan ke bawah atau samping kiri, samping kanan atau kemana saja dengan sesuka hati pemiliknya.

Fleksibelitas organ lidah dapat digunakan untuk berbicara dengan baik. Vokal dan bunyi yang dihasilkan saat berbicara terdengar bagus. Selain itu lidah juga membantu menempatkan makanan pada rongga mulut saat mengunyah makanan.

Secara umum dapat dikatakan bahwa lidah berfungsi sebagai alat indra pengecap, membantu proses pencernaan dan alat untuk berbicara.

Sebagai alat indra pengecap, lidah terdiri dari bagian-bagian yang dapat membedakan rasa makanan dan minuman. Namun demikian fungsi lidah sebagai alat pengecap rasa dapat mengecap 4 rasa yaitu asin, manis, asam dan rasa pahit.

Rasa asin dapat dirasakan oleh bagian tepi ujung lidah. Rasa asin tepi bagian dalam lidah dan asin serta rasa pahit dirasakan oleh bagian pangkal lidah.
 Itulah lidah manusia, bagian-bagian dan fungsinya sebagai alat indra pengecap rasa.

0 Response to "Lidah Tak Bertulang, Juga Berfungsi Sebagai Alat Indra Pengecap Rasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel