Menangani Sampah Plastik Kemasan Makanan dan Minuman

Menangani sampah plastik kemasan makanan dan minuman – Makanan dan minuman yang dikemas dengan bahan plastik memang terlihat lebih menarik. Selain itu lebih praktis digunakan karena habis dimakan atau diminum isinya, sampahnya dapat dibuang. Pengguna tak perlu repot mencuci dan menyimpannya kembali. Sekali pakai langsung dibuang.

sampah plastik,kemasan makanan,minuman
Smpah plastik kemasan makanan dan minuman (matrapendidikan.com)

Persoalan yang timbul kemudian, sampah plastik yang tidak ditangani akan menimbulkan pencemaran tanah dan air. Sampah dari bahan plastik tidak terurai oleh bakteri pengurai tanah maupun air.
Mengambil tindakan dan langkah nyata dalam menanggulangi sampah plastik bekas kemasan makanan dan minuman, tentulah menjadi upaya bijaksana. Misalnya, membakar sampah plastik itu di tempat khusus.

Penanganan sampah plastik dimulai dari diri sendiri, keluarga dan instatnsi/lembaga. Tindakan nyata dapat dimulai dengan mengumpulkan sampah plastik atau membuang sampah plastik pada tempat tertentu. Kemudian membakarnya pada waktu tertentu secara periodik.

Penggunaan bahan plastik, mungkin tidak dapat dihindari. Namun seiring dengan itu penanggulangannya perlu dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan. Kesadaran individu akan sampah plastik, secara berangsur-angsur akan dapat mengatasi dampak bagi lingkungan.

Tentu saja tidak hanya dengan  membakar, dengan cara mendaur ulang sampah plastik juga merupakan upaya menanggulanginya. Hanya saja, cara ini perlu prosedur dan sistem yang memakan waktu lama untuk melakukannya.

Misalnya, perlu industri tertentu untuk mendaur ulang sampah plastik sehingga dapat dimanfaatkan kembali. Begitu pula mendaur ulang sampah plastik menjadi bahan keterampilan. Ini perlu kemauan dan keterampilan untuk melakukannya.
Dapat disimpulkan bahwa setiap orang dapat melakukan tindakan dan langkah nyata terhadap penanggulangan sampah plastik dari kemasanan makanan dan minuman. Mulai dari membakar, mendaur ulang, menjadikan bahan keterampilan/kerajinan dan berupaya mengurangi penggunaan bahan plastik.

0 Response to "Menangani Sampah Plastik Kemasan Makanan dan Minuman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel