Mengutip Makna 1 Muharram 1440 H

Mengutip makna 1 muharram 1440 h – Penetapan 1 Muharram sebagai Hari Libur Nasional (HLN) oleh pemerintah berdampak positif bagi masyarakat muslim Indonesia. Dengan HLN tersebut umat muslim yang bekerja di lembaga pemerintah maupun swasta dapat mempersiapkan diri memperingati hari besar Islam tersebut dengan baik.

tahun baru islam,1 muharram,hijriyah

Tahun ini, 1 Muharram 1440 H bertepatan dengan 11 September 2018 M. Atau maju sepuluh hari dari tahun sebelumnya dimana 1 Muharram jatuh pada tanggal 21 September 2017 M. Ini sesuai dengan perbedaan perhitungan antara kalender Hijriyah dan Masehi dalam setahun.
Penetapan 1 Muharram dalam kalender islam berkaitan dengan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Medinah, bertepatan tahun 622 Masehi. Maka peringatan 1 Muharram 1440 H ini mengingatkan umat muslim untuk melaksanakan hijrah secara psikis dan sosial.

Perubahan dimulai dari hal terkecil dan sesuai kemampuan. Mulai dari ucapan, sikap sampai tingkah laku. Ucapan seseorang secara dialog maupun terlontar di media massa mana pun jelas akan berpengaruh terhadap orang lain. 

Oleh sebab itu berhijrah berarti berusaha untuk mengendalikan ucapan dan kata-kata yang mungkin merusak hubungan silaturrahmi di antara sesama. Hal ini sudah sangat berarti dalam menciptakan iklim hidup dan kehidupan yang lebih baik.

Begitu pula sikap dan tingkah laku yang kurang baik selama ini. Momen 1 Muharram menjadi kesempatan baik dalam mengoreksi dan memperbaikinya sehingga melahirkan sikap dan tingkah laku sebagai pribadi umat muslim.

Ucapan, sikap dan tingkah laku seseorang menunjukkan kualitas keimanan dan ketaqwaanya kepada Allah SWT. Sekaligus salah satu indikasi sebagai umat Nabi besar Muhammad SAW dan menjadi suri tauladan dalam kehidupan sehari-hari.
! Muharram 1440 H, kembali akan menjadi langkah awal yang baik dalam menjalani hidup dan kehidupan yang lebih baik.Semoga.

0 Response to "Mengutip Makna 1 Muharram 1440 H"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel