Pawai 'Pusuang' Warnai Langit Malam Nagari Taluak

Pawai 'pusuang' warnai langit malam nagari taluak – Sekitar seribuan pusuang (obor dari bambu) menyala dengan api meliuk-liuk mewarnai langit malam minggu di Nagari Taluak, Kecamatan Lintau Buo, Kab.Tanah Datar, Sabtu kemaren (15/09).

pawai, seribu pusuang,pawai obor
Santri TPQ/TPSQ mengarak pusuang (obor) menuju Kantor Wali Nagari Taluak (matrapendidikan.com)

Pawai pusuang atau Obor merupakan tradisi tahunan masyarakat Nagari Taluak dalam rangka merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram. Penyelenggaraannya disesuaikan dengan hari libur anak sekolah yang juga santri TPQ/TPSQ.

Kali ini bertepatan dengan malam minggu sehingga peserta pawai lebih ramai. Mereka yang mengarak pusuang antara lain  santri TPQ/TPSQ, remaja masjid, forum remaja islam, pegawai negeri/swasta dan masyarakat.di Nagari Taluak.

Obor dari bambu itu di arak dalam tajuk Pawai Seribu Pusuang menuju satu arah, yaitu Halaman Depan Kantor Wali Nagari Taluak, di Jorong Beringin Sakti setelah menempuh jarak lebih kurang 3 kilometer.

Pawai dimulai dari Masjid/Surau masing-masing dan bergabung bersama rombongan lain sehingga membentuk iring-iringan yang cukup panjang. Hal ini akan terlihat unik jika disaksikan dari tempat ketinggian.

Langit Nagari Taluak terlihat agak gelap karena bulan sabit di sebelah barat belum mampu menerangi mayapada dengan sempurna. Maklum saat itu bulan baru berumur 5 hari.
Kegiatan pawai obor ini diselenggarakan bersama oleh Badan kerja Sama (BKS) TPQ/TPSQ Nagari Taluak, Gerakan Remaja Masjid (Gerema) Nurul Huda Taluak, dan Forum Remaja Islam (Foris) Masjid Raya Taluak.

0 Response to "Pawai 'Pusuang' Warnai Langit Malam Nagari Taluak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel