Prinsip Kerja Alat Ekstraktor Sari Buah

Prinsip kerja alat ekstraktor sari buah – Kali ini akan disajikan artikel ringan tentang prinsip kerja alat ekstraktor sari buah. Alat ini biasanya digunakan untuk membuat sari buah dan dikerjakan secara manual. Namun demikian alat ini bisa juga digunakan untuk menghasilkan sari pati santan dari parutan kelapa.

prinsip kerja,ekstraktor jus,sari buah
Ekstraktor sari buah bekerja berdasarkan prinsip kerja tuas dengan titik tumpu antara kuasa dan beban (matrapendidikan.com)

Gambar di atas adalah  3 macam sari buah yang sangat populer. Ketiga sari buah dimaksud adalah sari buah jeruk, nenas dan dari buah semangka. Sari buah tersebut dibuat secara manual dengan menggunakan alat pembuat sari buah.

Alat pembuat sari buah bekerja berdasarkan prinsip pesawat sederhana. Pesawat sederhana adalah alat mekanik yang bekerja sekadar mengubah arah atau gaya yang bekerja pada benda tersebut.

Pesawat sederhana tidak mengurangi nilai suatu besaran. Melainkan mempermudah untuk melakukan suatu usaha.

Yang diperoleh melalui pesawat sederhana hanyalah keuntungan mekanik dari alat tersebut. Salah satu alat yang bekerja berdasar pesawat sederhana adalah tuas atau pengungkit.

Alat ekstraktor sari buah juga bekerja berdasar prinsip kerja tuas. Titik tumpu alat ekstraktor sari buah berada di antara gaya dan beban.

Prinsip kerja alat ini sama dengan alat pemotong kuku, gunting dan pembuka paku pada palu.

Alat ini terbuat dari bahan plastik dan dikerjakan secara manual. Alat ekstraktor sari buah mempermudah untuk membuat sari buah. Tidak membutuhkan energi besar untuk memberikan gaya kepada alat ini.

Dengan sedikit gaya atau kuasa maka tekanan beban pada buah menjadi lebih besar. Jadi, untuk membuat sari buah tidak perlu ditekan sekuat tenaga.
Selain mempermudah untuk membuat sari buah, alat ekstraktor sari buah juga ekonomis karena tanpa menggunakan energi listrik, mudah digunakan dan higienis. Praktis dan ekonomis, dua prinsip ini sangat dibutuhkan jika menggunakan peralatan dapur di rumah tangga.

0 Response to "Prinsip Kerja Alat Ekstraktor Sari Buah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel