Semoga dalam Keadaan Sehal Wal Afiat

Semoga dalam keadaan sehat wal afiat – Sebagai orangtua dari anak yang sedang belajar di sekolah, kita sering menerima undangan untuk mengadakan rapat atau pertemuan. Dalam undangan berbentuk surat tersebut, pihak sekolah/komite sekolah selalu membukanya dengan harapan dan doa, “...Kami mendoakan semoga bapak/ibuk/saudara dalam keadaan sehat wal afiat....”

do,ucapan,sehat afiat,undangan

Pada umumnya, kita jarang membaca dengan teliti, memahami apa makna doa dan harapan yang tertera pada awal surat undangan tersebut. Bahkan tak jarang pula kita langsung menuju pada pokok surat. Waktu dan agenda kegiatan rapat di sekolah!

Ada dua kata dalam doa dan harapan tersebut, sehat dan afiat. Apa pengertian sehat wal afiat itu sesungguhnya?

Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kedua kata tersebut bermakna hampir sama (sinonim). Sehat artinya, keadaan segenap anggota tubuh serta bagian-bagiannya yang bebas dari sakit. Sedangkan kata afiat diartikan sehat dan kuat.

Dalam konteks agama Islam, sehat wal afiat mengandung makna yang lebih luas. Dapat diartikan sebagai keadaan/kondisi badan yang bebas dari sakit dan dipergunakan dalam menjalankan kewajiban agama serta menjauhi segala larangan Allah SWT.

Jika demikian, pembukaan surat undangan dari pihak sekolah/komite sekolah berupa doa dan harapan kepada orangtua/wali murid tidak sembarang tulis atau hanya sekadar basa basi.

Mendoakan dan mengharapkan orangtua/wali murid dalam keadaan sehat wal afiat, tentu saja bertujuan baik dan mulia serta perlu diaminkan. Sebab, dengan kondisi badan sehat maka orangtua/wali murid akan dapat menghadiri undangan rapat/pertemuan dimaksud.

Dengan demikian, orangtua/wali murid dapat mendengar langsung informasi dan penjelasan tentang kemajuan belajar anak didik di sekolah dalam kegiatan rapat yang diselenggarakan oleh sekolah maupun komite sekolah.

Selain itu, sehat wal afiat, termasuk nikmat Allah SWT yang terbesar sehingga patut disyukuri. Bagi orangtua/wali murid, menghadairi undangan rapat dari pihak sekolah termasuk salah satu mensyukuri nikmat tersebut sesuai doa dan harapan pihak yang mengundang.

0 Response to "Semoga dalam Keadaan Sehal Wal Afiat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel