7 Tips Sukses Menjadi Guru PL

7 Tips sukses bagi guru pl – Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program perkuliahan mahasiswa kependidikan di Universitas. Mahasiswa diturunkan ke sekolah/madrasah untuk menerapkan ilmu yang didapat sekaligus mencari pengalaman baru di sekolah.

tips,mengajar,guru pl
Ilustrasi sukses mengajar guru PL (pixabay.com)

Pengalaman yang didapat selama menjalani PPL akan menjadi bekal berharga bagi mahasiswa untuk menjadi guru yang sebenarnya kelak di kemudian hari..

PPL terwujud dalam bentuk kegiatan mengajar di sekolah. Mahasiswa mendapat bimbingan langsung dalam melaksanakan program PPL tersebut. Jika di Universitas dibimbing oleh Dosen Pembimbing maka di sekolah akan dibimbing oleh seorang guru yang mengampu mata pelajaran, yang dikenal dengan guru pamong.

Bagaimana upaya untuk menjadi seorang guru PL yang sukses? Nah, berikut ini disajikan beberapa poin penting dan uraiannya dalam bentuk Tips menjadi guru PL yang sukses.

1.Pelajari situasi dan kondisi sekolah

Sebelum turun mengajar di sekolah, guru PL  perlu mempelajari bagaimana situasi dan kondisi sekolah melalui survey awal. Hal ini berkaitan dengan tenaga pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik dan lingkungan fisik sekolah.

2.Siapkan perangkat pembelajaran

Siapkan segala perangkat pembelajaran yang diperlukan untuk mengajar, seperti program tahunan, program semester, silabus pelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lain sebagainya.
Untuk keperluan ini, guru PL dapat berkonsultasi dengan guru pamong tentang model perangkat pembelajaran yang digunakan di sekolah. Bagi yang sudah membuat perangkat mengajar ini dapat menyesuaikannya dengan perangkat pembelajaran yang digunakan di sekolah tersebut.

3.Menguasai materi yang akan diajarkan

Kuasai materi pelajaran dengan baik. Menguasai materi pelajaran bukan hanya sekadar menghafal materi pelajaran yang akan diajarkan kepada siswa. Kuasai materi pelajaran maksudnya memahami segala konsep, fakta, fenomena yang terdapat dalam materi pelajaran.

Menguasai materi yang akan diajarkan kepada siswa termasuk kunci penting dalam kesuksesan mengajar di ruang kelas.

4.Pelajari cara dan gaya mengajar

Cara dan gaya mengajar seseorang akan berbeda. Oleh sebab itu sebagai guru PL tak perlu ragu dengan cara dan gaya mengajar yang sudah dimiliki. Cara dan gaya mengajar ini akan menentukan keberhasilan guru PL dalam menguasai kelas.

5.Menguasai kelas

Pekerjaan terberat bagi seorang guru di ruang kelas adalah menguasai kelas dengan baik. Tidak hanya guru PL yang mengalami kesulitan dalam mengelola kelas, guru yang sudah senior sekalipun tak luput dari permasalahan ini.

Sebuah kelas diiisi oleh murid yang heterogen dengan karakter dan kemampuan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu yang perlu dilakukan adalah menyesuaikan strategi dan metode mengajar dengan karakter dan kemampuan peserta didik.

6.Beraudiensi dengan siswa maupun guru

Hal ini dapat dilakukan di luar jam mengajar. Seringlah beraudiensi dengan siswa saat jam istirahat maupun saat berlangsungnya kegiatan ekstrakurikuler. Yang terakhir ini paling efektif untuk memahami karakter dan kemampuan siswa.

Audiensi dengan siswa akan mendekatkan diri siswa dengan guru PL sehingga siswa dapat memahami guru PL dan mengikuti pelajaran dengan baik.

Audiensi dengan guru di sekolah berguna untuk saling berbagi tentang pengalaman mengajar. Tidak hanya dengan guru pamong melainkan semua guru yang ada di sekolah.

7.Ingatlah, mengajar itu menyenangkan!

Mengajar murid yang mungkin usianya tak jauh terpaut dengan guru PL akan menemukan hambatan dan kendala. Bila guru PL sudah menerapkan poin-poin di atas, insyaallah mengajar itu menjadi pekerjaaan yang menyenangkan.
Bukan mustahil, guru PL ingin mengajar selama-lamanya di tempat PL. Begitu menyenangkan menjadi seorang guru meskiiipun penuh dengan tantangan dan hambatan dalam mengajar.

0 Response to "7 Tips Sukses Menjadi Guru PL "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel