Wali Nagari Pangian Lepas Pawai 'Alek' Nagari Khatam Al Qur'an

Wali nagari pangian lepas pawai 'alek' nagari khatam al qur'an – Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1440 H, di setiap nagari di kabupaten Luhak nan Tuo mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan Tahun Baru Islam tersebut.

wali nagari,pangian,lepas pawai
Wali Nagari Pangian Abdul Wazid Dt. Indo Mangkuto lepas peserta pawai khatam qur'an (Rahid/matrapendidikan.com)

Tidak terkecuali dengan Kenagarian Pangian di Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar. Sukses menyelenggarakan Kegiatan Manasik Haji Taman Kanak-Kanak se-Kecamatan Lintau Buo di Lapangan Hijau Patameh sehari sebelumnya, kini di Kenagarian Pangian juga digelar Alek Nagari  Khatam Al Qur’an, Selasa (11/09).

Pawai diwarnai gerimis ringan

Seperti dilaporkan kontributor Matra Pendidikan, Rahid Sikumbang, Khatam Al Qur’an dipusatkan di Masjid Al Qubra Jorong Koto Gadang, Nagari Pangian. Prosesi alek nagari tersebut diawali dengan kegiatan pawai di jalan Raya Sitangkai - Balai Tangah.

Pawai dimulai di Masjid Subulussalam Jorong Patameh, Nagari Pangian dan berakhir di lokasi Khatam Al Qur’an di Masjid Al Qubra.

Arak-arakan tidak hanya diikuti oleh peserta Khatam Al Qur’an. Orangtua dan bako anak didik peserta khatam al qur’an, guru TPQ/TPSQ serta masyarakat umum juga ikut pawai memenuhi pinggiran jalan raya.

uda awak,kru matrapendidikan,pawai,fadhlan
Uda Awak memayungi putranya, Muhammad Fadhlan Hakim seraya melambaikan tangan (Rahid S/matrapendidikan.com)

Pawai massal menempuh jarak lebih kurang 3 kilometer tersebut dilepas secara resmi oleh Wali Nagari Pangian, Abdul Wazid Dt. Indo Mangkuto.

Gerimis ringan mewarnai langit Nagari Pangian namun tak menyurutkan semangat anak didik peserta Khatam Al Qur’an untuk berpawai. Peserta didik didampingi dan dipayungi oleh pihak bako dengan payung berwarna merah.

iringan bako,bako peserta didik,khatam qur'an
Inilah iring-iringan bako dari peserta didik khatam al qur'an di nagari Pangian (Rahid S/matrapendidikan.com)

Sementara itu, terlihat juga pihak bako mengiringi anak pisang-nya berpawai dengan berpakaian khas dan  menjunjung dulang di kepala membawa bekal untuk anak pisang-nya.

Peserta khatam al qur’an

Khatam Al Qur’an alek nagari diikuti sebanyak 156 orang anak didik dari 13 TPQ/TPSQ Masjid dan Surau dari 6 Jorong ini dibuka oleh Camat Lintau Buo, Zulkifli Idris, S.Sos mewakili Bupati Tanah Datar.

peserta khatam,dhea Nafisa,khatam qur'an
Duh, cantiknya... Dhea Nafisa Ayunda, salah seorang peserta khatam qur'an putri kru matra pendidikan (Rahid S/matrapendidikan.com)

Dari sekian peserta Khatam Al Qur’an Nagari Pangian tersebut, 2 orang anak didik  di antaranya adalah putra dan putri kru Matra Pendidikan. Keduanya adalah Muhammad Fadhlan Hakim, putra bungsu dari Uda Awak dan Dea Nafisa Ayunda, putri sulung Rahid Sikumbang. Mereka belajar di TPQ/TPSQ Masjid Subulussalam.

Dalam kegiatan pembukaan Khatam Al Qur’an Nagari Pangian, pembacaan ayat suci Al Qur’an dibawakan oleh Qori Tingkat Anak-anak Kecamatan Lintau Buo, Muhammad Fadhlan Hakim.

Kegiatan pembukaan Khatam Al Qur’an Nagari Pangian berlangsung sukses dan meriah seperti yang diinfokan Rahid Sikumbang dari lokasi Mimabar Utama di Jorong Koto Gadang Pangian.

0 Response to "Wali Nagari Pangian Lepas Pawai 'Alek' Nagari Khatam Al Qur'an"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel