3 Pengendali Aktivitas Fisik Manusia, Lakukan Peregangan Otot Sebelum dan Sesudah Olah Raga

3 Pengendali aktivitas fisik manusia, lakukanperegangan otot sebelum dan sesudah olah raga – Setiap aktivitas fisika manusia dikendalikan oleh saraf, otot dan tulang. Ketiga unsur ini akan bekerja secara sinergis dalam mengendalikan aktivitas fisik. Aktivitas fisik akan berjalan lancar bila saraf, otot dan tlang dalam kondisi rileks dan fleksibel.

penegndali,aktivitas,tubuh,manusia
Peregangan otot sebelum dan sesudah olahraga (pixabay.com)

Pada bagian terdahulu telah diterbitkan artikel tentang sistem koordinasi pada manusia. Sistem saraf yang menjadian dari sistem koordinasi berfungsi untuk mengontrol aktivitas tubuh manusia secara disadari atau tidak disadari. Kondisi saraf yang tegang akan menurunkan kinerja saraf. Sebaliknya saraf yang rileks akan meningkatkan kerja saraf tersebut.
Sistem saraf berkaitan dengan otot dan tulang. Otot manusia berkaitan dengan tulang melalui tendon. Otot akan memendek ketika sedang berkontraksi dan dapat menggerakkan tulang dan sendi.

Dalam keadaan rileks, proses kontraksi dan relaksasi otot akan terasa lebih enteng dan menghemat energi tubuh. Sebaliknya akan menjadi menjadi sulit dan memerlukan banyak energi sehingga orang jadi malas bergerak

Latihan beban merupakan salah satu cara untuk memperbesar dan memperkuat otot. Namun latihan beban ini perlu diikuti dengan latihan fleksibelitas.sehingga orang nampak luwes dan gesit.

Fungsi tulang tidak hanya untuk menegakkan tubuh manusia melainkan juga membuat bagian-bagian tubuh dapat bergerak melalui sendi yang ada. Oleh sebab itu persendian harus dalam kondisi fleksibel agar tubuh menjadi mudah untuk bergerak.

Peregangan otot

Peregangan (streching) merupakan salah bentuk kegiatan untuk mengoiptimalkan kinerja otot. Peregangan tubuh dalam bentuk sederhana akan mendatangkan manfaat luar biasa bagi tubuh.

Salah satu bentuk peregangan sederhana adalah menggeliat kertika bangun tidur. Ternyata dengan cara ini kita merasa sedikit lebih rileks. Begitu pula saat merasakan letih sehabis bekerja berat atau duduk terlalu lama.
Peregangan otot dapat dilakukan terhadap otot leher paha dan  kaki. Peregangan ringan yang dilakukan sebelum olahraga bermanfaat untuk memperbaiki kerja susunan saraf, memperlancar sistem peredaran darah, melenturkan tubuh, dan mengurangi risiko cedera ketika berolahraga.

0 Response to "3 Pengendali Aktivitas Fisik Manusia, Lakukan Peregangan Otot Sebelum dan Sesudah Olah Raga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel