Agar Sukses Siswa Perlu Terapkan 3 Prinsip Ini

Agar sukses siswa perlu terapkan 3 prinsip ini – Pendidikan di lembaga sekolah tidak semata untuk mencerdaskan otak. Namun yang tak kalah penting adalah mencerdaskan hati dan nurani. Hasilnya akan tercermin dari ilmu pengetahuan, sikap dan tingkah laku serta keterampilan yang dimiliki seorang siswa..

nurmaiyaz,guru,pembina upacara,prinsip sukses
Siswa menerapkan 3 prinsip agar sukses (matrapendidikan.com)

Berilmu pengetahuan, memiliki sikap dan tingkah laku yang baik serta memiliki kecakapan hidup merupakan indikasi siswa yang sukses. Bagaimana menjadi seorang siswa yang sukses tersebut?

Banyak cara untuk menjadi seorang siswa yang sukses. Namun paling tidak ada 3 prinsip yang perlu diterapkan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga.

Mulai dari hal kecil, dari diri sendiri dan mulai dari sekarang. Inilah prinsip yang dimaksud untuk mencapai kesuksesan siswa dalam belajar.

Hal tersebut dikemukakan oleh Hj. Nurmaiyaz, S.Pd ketika menjadi Pembina Upacara di sekolah, Senin (22/10). Hajjah Yaz adalah salah seorang guru senior dan pembina program Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah (ABK-ASBK) di sekolah.

Lebih jauh, guru sekaligus orangtua dari 3 anak tersebut merinci secara lugas 3 prinsip agar siswa sukses belajar.

Pertama, mulai dari hal terkecil. Memulai sesuatu termasuk pekerjaan yang sulit oleh sebab itu siswa perlu memulainya dari hal kecil. Mulailah sesuatu  dari hal terkecil dan jangan berpikir untuk mengerjakan hal besar sebelum memulai dari hal terkecil.
Misalnya membuang sampah permen pada tempat yang disediakan. Membuang sampah sembarangan akan mengganggu siswa lain dan enggan untuk membersihkannya. Oleh sebab itu biasakanlah membuang sampah sekecil apakan pada tong sampah yang disediakan.

Kedua, mulai dari diri sendiri. Jangan harapkan orang lain untuk mengerjakan sesuatu akan memulainnya dari diri sendiri.

Setiap siswa bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, terhadap sekolah dan terhadap orangtua. Untuk memulai sesuatu yang baik jangan hanya mengharapkan orang lain melainkan lakukan sendiri terlebih dulu.

Misalnya melaksanakan tugas piket harian di sekolah.  Disiplinkan diri sendiri terlebih dulu untuk melaksanakan tugas piket harian.Usahakan untuk tidak menyalahkan teman lain.

Ketiga, mulai dari sekarang. Belajar itu jangan ditunda-tunda Belajar dari sekarang, jangan sampai tunggu waktu ujian tiba. Untuk merubah sesuatu ke arah yang lebih baik jangan tunda sampai esok.

Lakukan sekarang juga selagi bisa dikerjakan. Misalnya mengerjakan tugas rumah yang diberikan guru, lakukan sekarang juga dan jangan tunda-tunda.
Simak juga : 6 Rahasia Sukses dalam Belajar
Jika belajar ditunda-tunda maka pelajaran akan menumpuk sehingga susah untuk mengulang pelajaran itu kembali.

0 Response to "Agar Sukses Siswa Perlu Terapkan 3 Prinsip Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel