Bola Futsal Ternyata Semakin Diminati Oleh Siswa di Sekolah

Bola futsal ternyata semakin diminati oleh siswa di sekolah – Siswa di sekolah semakin meminati olahraga bola futsal. Hal ini terbukti dengan adanya program Osis untuk menyelenggarakan bola futsal di sekolah dalam momen-momen tertentu seperti klasmiting, peringatan hari besar nasional, dan lain sebagainya.

bola futsal,dimnati,siswa,sekoalh
Ilustrasi bola futsal diminati oleh banyak siswa (pixabay.com)

Sebagai contoh paling sederhana program Osis SMPN 2 Lintau Buo untuk mengadakan bola futsal dalam rangka memeriahkan HUT RI ke- 73 lalu. Namun sayang sekali, program tersebut tertunda karena kepadatan program dan jadwal kegiatan sekolah.

Pimpinan sekolah akhirnya merekomendasikan kembali untuk melaksanakan program Osis yang tertunda tersebut meskipun dalam waktu terbatas. Berdasarkan rekomendasi tersebut, Osis akan menyelenggarakan bola futsal antar kelas, usai ujian tengah semester (UTS) ganjil ini.

“Selain meneruskan program Osis yang terbengkalai juga sekaligus menjadi ajang refreshing bagi siswa setelah menjalani UTS selama seminggu ini,” ungkap Kepala SMPN 2 Lintau Buo, Fauzi, S.Pd ketika ditanya perihal rekomendasi penyelenggaraan bola futsal antar kelas, beberapa waktu lalu.

Berdasar rekomendasi dan proposal kegiatan olahraga Bola Futsal yang susun Osis, Bola Futsal antar kelas bakal digelar selama satu hari, Senin 8 Oktober mendatang. Selain Bola Futsal juga diselenggarakan lomba Supporter Terheboh dan perlombaan Tarik Tambang untuk putri.

Aktivis Osis Arsy Annisa dan Della Dwi Puspita serta kawan-kawan optimis kegiatan tersebut akan berlangsung meriah dan dapat mengendorkan saraf setelah berjibaku menjalani Ujian Mid Semester Ganjil ini.


Sekilas tentang futsal

Seperti diketahui bola futsal atau hall soccer semakin populer dewasa ini di kalangan remaja, termasuk anak sekolah. Olahraga bola futsal adalah varian dari olah raga sepakbola.

Bola Futsal dimainkan dalam waktu 2 x 20 menit ditambah waktu istirahat 10 menit. Jenis pertandingan ini dimainkan oleh 2 regu saling berhadapan dimana masing-masing regu terdiri dari 5 pemain dan 1 orang adalah kiper.
Lapangan bola futsal berukuran panjang 25 - 43 meter dan lebar 15 - 25 meter. Di lapangan ini kedua tim berusaha memasukkan bola ke gawang lawan dengan cara memanipulasi bola dengan gerakan kaki.

Wasit sepakbola biasanya tiga orang, 1wasit utama dan 2 hakim garis. Wasil masuk ke dalam lapangan memimpin pertandingan, sedangkan 2 orang lagi bertindak sebagai hakim garis dan berada di luar lapangan bola.

Namun demikian wasit  bola futsal tidak demikian. Jumlah wasit 3 orang dan tidak memasuki lapangan ketika mengawasi pertandingan. Satu orang wasit di antaranya bertugas menjaga waktu dan dua lainnya mengawasi pertandingan di luar lapangan.
Bagi sekolah yang belum mempunyai lapangan futsal, biasanya memodifikasi lapangan terbuka sesuai dengan ukuran lapangan dan gawang bola futsal. Meskipun demikian diharapkan bibit-bibit pemain bola futsal akan tumbuh dengan subur di sekolah.

0 Response to "Bola Futsal Ternyata Semakin Diminati Oleh Siswa di Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel