7 Domain Unik Ini Bisa Kamu Gunakan Untuk Websitemu

7 Domain unik ini bisa kamu gunakan untuk websitemu - Tidak bisa dipungkiri hingga 2018 kini, domain.com adalah primadona bagi para pemilik website. Ya, domain .com memang merupakan domain yang paling populer dan terkenal karena banyak digunakan para pemilik website di seluruh dunia.


Setidaknya ada sekitar 130 juta website yang menggunakan domain .com. Karena sangat populer, tidak mengherankan jika anda mengecek nama domain.com namun tidak tersedia nama domain yang sesuai dengan kemauan anda.

Jika anda mengalami hal tersebut, tidak perlu khawatir karena cukup banyak tersedia berbagai pilihan alternatif domain unik yang bisa anda pilih selain dot com. Oleh karena itu, di artikel ini kami akan membahas tentang 7 domain unik yang bisa anda jadikan alternatif selain dot com, yakni: Online, Store, Tech, Fun, Space, dan Website.

Tidak usah pusing jika domain .com tidak tersedia

Ketujuh domain unik diatas tersebut merupakan bagian dari nLTDs. Apa artinya nLTDs? Untuk mengetahuinya akan lebih jelas jika kami membahas tentang TLD sejenak.

TLD (Top Level Domain) adalah bagian terakhir dari sebuah nama domain atau bagian setelah simbol (dot). TLD sendiri terdiri menjadi beberapa jenis yaitu ccTLD, gTLD dan nTLD. ccTLD atau Country Code Top Level domain adalah domain yang menunjukan kode negara tertentu.

Setiap negara mempunyai ccTLD sendiri-sendiri. Contoh, Indonesia mempunyai domain .id. Sedangkan gTLD atau Generic Top Level Domain adalah domain yang didapatkan oleh siapa saja dan tidak berhubungan dengan letak geografis. Contoh domain jenis ini adalah Net, Com dan sebagainya.

Dan terakhir ada nTLD atau New Top Leve Domain yang merupakan jenis dari 7 domain unik diatas. nLTDs dirilis oleh ICANN di tahun 2012 sebagai bentuk inovasi dan untuk memberikan pengguna pilihan lebihn banyak domain.
Namun apakah menggunakan domain unik diatas berpengaruh baik terhadap pencarian di Google? Well wajar jika anda memiliki pertanyaan seperti itu karena sebelum membeli suatu domain anda tentu harus mengerti fungsi, kelebihan dan kekurangannya.

5 Alasan Menggunakan Domain Unik

1. Memiliki potensi yang sama dengan .com
Tujuh domain di atas mendapatkan perlakuan yang sama di search engine Google. Pihak Google secara resmi menyatakan bahwa semua ekstensi domain, baik itu gTLD (yaitu .Com, Org, Net dan lainnya) dan nTLD (yaitu Store, Tech, dan lainnya) memiliki nilai yang sama di mata mesin pencari Google. gTLD tidak lebih baik dari nTLD. Begitu juga sebaliknya, nTLD tidak lebih baik dari gTLD.

Jadi, bagi anda yang ragu tentang ekstensi domain unik akan berdampak negatif pada SEO website, tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak terbukti benar dan hanya mitos belaka. So, jika bisa menjadi unik dan berbeda mengapa tidak?

2.Domain unik aman digunakan
Ya, alasan selanjutnya adalah ekstensi domain unik aman digunakan. Nama domain unik baru seperti ONLINE, STORE, TECH, FUN, SPACE, SITE, hingga .WEBSITE faktanya tidak memiliki rekam jejak yang buruk sehingga aman untuk digunakan dan tidak akan memberikan efek negatif pada SEO website Anda.

3. Google memakai domain unik
Ini pastinya merupakan salah satu fakta unik. Ya siapa yang bisa menyangka bahwa perusahaan sebesar Google menggunakan domain unik.

Menurut blog resmi Radix, Google secara resmi membeli domain business.site untuk menyediakan website bagi para pelaku UKM di seluruh dunia, sebagai salah satu fitur dari Google Bisnisku (Google My Business). Indonesia pun menjadi salah satu negara yang bisa menikmati fitur tersebut.

4. Banyak perusahaan besar menggunakan domain unik
Tidak hanya Google yang menggunakan domain unik. Ada juga perusahaan besar macam Emirates Store, Asgardia, Radix, hingga CES (Consumer Electronic Show). Bahkan penyanyi internasional sekelas Lorde menggunakan domain .Store untuk toko onlinenya.

5. Domain unik harganya sangat murah!
Alasan terakhir dan yang tentunya paling penting adalah ekstensi domain unik memiliki harga yang jauh lebih murah daripada domain lainnya. Hal ini tentu cocok bagi anda yang baru ingin memulai usaha di dunia bisnis online agar menghemat biaya.

Bagaimana ternyata domain unik cukup menarik bukan? Berikut ini adalah 7 domain unik yang mungkin cocok untuk website anda.

Hemat gunakan domain unik

7 Domain Unik yang mungkin pas untuk website anda!

1.Online
Merupakan ekstensi domain unik yang paling populer dan banyak digunakan diantara 7 domain unik lainnya saat ini. Domain ini memiliki jumlah pengguna sebesar 809.935. Ekstensi domain ini sangat pas digunakan bagi anda blogger atau perusahaan startup. RADIX menggunakan domain .Online ini untuk laman yang memperkenalkan domain unik baru.

2.Store
Dari namanya saja pasti anda sudah tahu kan kegunaan dari ekstensi domain yang satu ini? Ya, domain .Store kerap kali digunakan untuk website toko online. Hal ini cukup wajar karena namanya yang cukup menjual sebagai website toko online. Hingga kini sudah ada sekitar 186.195 orang yang menggunakan domain ini. Tidak sedikit pula perusahaan atau merek terkenal yang menggunakan domain ini. Beberapa diantaranya ada toko online resmi Emirates serta toko merchadise resmi online milik penyanyi Lorde.

3.Tech
Domain unik yang satu ini sangat cocok bagi anda yang menjual produk teknologi, mengelola blog tentang teknologi hingga memulai perusahaan startup tentang teknologi. Sudah cukup banyak perusahaan atau organisasi yang bergerak di bidang teknologi mulai menggunakan doamin .Tech. Contohnya ada Consumer Technology Association yang memakai domain ini untuk website resminya serta juga untuk website resmi pameran tahunanya, yaitu Consumer Electronic Show. Domain ini cukup banyak pengguna yaitu 192.554 orang sampai saat ini. Apakah anda selanjutnya?

4.Fun
Bila anda memiliki website atau blog yang mayoritas konten nya membahas tentang dunia entertainment seperti berita selebriti, kuliner, lifestyle, fashion, travel dan lainnya maka anda sangat bisa menggunakan domain satu ini.  Pengguna ekstensi domain .Fun ini berjumlah sekitar 108.554.

Fun untuk website hiburan

5.Site
Seperti yang sudah dibahas diatas, Google adalah termasuk perusahaan besar yang menggunakan nama domain unik. Dan domain .Site ini menjadi pilihan dari Google untuk dipasang di fitur terbaru nya yaitu Google My Business. Nama domain ini sudah digunakan oleh lebih dari 11 juta pengguna dari seluruh dunia.

6.Space
Merupakan nama domain yang cocok bagi anda yang memiliki website dengan konsep tanpa batas atau website yang memiliki keterkaitan dengan antariksa. Contoh website yang menggunakan domain ini adalah Asgardia. Total ada 213.680 pengguna domain .Space yang tersebar di seluruh dunia.

7.Website
Domain unik yang paling fleksibel karena cocok dengan tipe website apa saja. Pengguna domain WEBSITE cukup banyak, yaitu 216.380 domain. Radix merupakan salah satu pengguna domain ini yang terkenal.

Itu dia 7 domain unik yang bisa kamu miliki jika kehabisan domain .com. Anda bisa membeli domain unik tersebut dengan harga murah di www.IDwebhost.comsebagai penyedia domain dan hosting terbaik dan terpercaya. Selamat mencoba.

0 Response to "7 Domain Unik Ini Bisa Kamu Gunakan Untuk Websitemu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel