Sering Buang Angin? Ketahui Penyebab dan Upaya Mengatasinya

Sering buang angin? Ketahui penyebab dan upaya mengatasinya – Penyebab siswa sering minta izin meninggalkan kelas ketika belajar pada umumnya karena buang air, malas belajar, mengantuk . Namun siswa sering beralasan buang air kecil atau buang air besar. Sebaliknya jarang memberi alasan untuk buang angin atau kentut. Boleh jadi alasan ini terasa kurang pantas atau memalukan menurut siswa.

olahraga,stand up,buang angin
Ilustrasi gerak fisik (pexels.com)

Anda mungkin sering mengulang berwudhuk karena masalah buang angin. Seperti dikatahui, buang angin setelah berwudhuk akan membatalkan wudhuk tersebut. Begitu juga tanpa sengaja keluar angin ketika rukuk atau sujud dalam shalat sehingga mengharuskan anda untuk berwudhuk dan mengulang shalatnya.

Minta izin meninggalkan kelas ketika belajar atau mengulang wudhuk karena buang angin, itu hal normal. Buang angin merupakan proses alamiah dan menyehatkan. Namun kalau berlebihan atau sering buang angin, itu pertanda terjadi permasalahan dengan alat dan saluran pencernaan tubuh.

Kenapa sering buang angin?

Buang angin adalah dampak dari proses biologis yang terjadi pada tubuh. Kenapa harus dibuang? Karena angin tersebut berlebihan dalam saluran pencernaan sehingga menyebabkan perut terasa kembung atau terjadi sendawa.

1.Menelan udara ketika makan dan minum
Saat makan atau minum, anda pasti menelan udara yang terdiri dari gas oksigen dan nitrogen. Gas ini bergabung bersama gas lain sebagai hasil proses pencernaan. Gas ini antara lain gas metana, hidrogen dan karbondioksida.

Gabungan semua gas dalam saluran pencernaan akan menyebabkan saluran pencernaan kelebihan gas sehingga menyebabkan perut kembung.

2.Jenis makanan dan minuman tertentu
Selain karena menelan udara, buang angin juga disebabkan oleh faktor makanan dan kondisi kesehatan. Makanan dan minuman tertentu dapat menyebabkan angin berlebihan di lambung. Misalnya, jenis sayur umbi-umbian, kacang-kacangan dan minuman yang berkarbonasi.

3.Bakteri dalam saluran pencernaan
Bakteri pengurai di lambung dapat menyebabkan angin berlebihan. Tidak semua jenis makanan yang tercerna dengan cepat atau tidak dapat dicerna sama sekali oleh alat-alat pencernaan.

Makan yang lambat atau tidka dicerna akan menyebabkan bakteri menghasilkan gas atau angin dalam usus.

Upaya mengatasi sering buang angin
Buang angin itu memang sudah alami dan menyehatkan tentunya. Namun kalau berlebihan buang angin, lebih dari sepuluh kali sehari, perlu diupayakan pencegahannya.
1.Kurangi makanan dan minuman yang mengandung gas
2.Hindari makanan yang sulit dicerna seperti singkong
3.Perhatikan porsi makanan misalnya 3 kali dalam porsi banyak menjadi 4 kali dalam porsi sedikit.
4.Usahakan makan atau minum tidak terlalu cepat
5.Hindari kebiasaan pemicu buang angin berlebihan seperti mengemut benda, mengunyah permen karet, me*o*ok, begadang, duduk terlalu lama, dan lain sebagainya.
6.Lakukan olah raga atau gerak fisik untuk melancarkan pencernaan.

Demikianlah pembahasan tentang buang angin, penyebab dan cara mengatasi buang angin berlebihan.

0 Response to "Sering Buang Angin? Ketahui Penyebab dan Upaya Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel