Menjadi Anggota Pramuka Itu Banyak Manfaatnya!

Menjadi anggota pramuka itu banyak manfaatnya! – Bagi anda siswa yang sudah lama mencimpungi kegiatan pramuka di sekolah, tentu telah merasakan manfaatnya. Menjadi anggota pramuka itu menyenangkan karena banyak materi dan kegiatan pramuka yang menarik.

pramuka,manfaat,angota pramuka
Menjadi anggota pramuka itu menyenangkan (doc.matrapendidikan.com)

Apalagi ketika diadakan kegiatan perkemahan, jambore, hiking dan kegiatan outbond lainnya. Yang pasti, anda akan bertemu banyak teman, berinteraksi dengan lingkungan alam dan masyarakat.
Kepramukaan merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler utama di sekolah-sekolah. Kegiatan pramuka menjadi wadah penting dalam menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai karakter positif pada anggotanya.

Pramuka singkatan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti, Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Jiwa muda disini adalah jiwa yang penuh semangat dan kreatif. Melalui kegiatan pramuka ditebarkan materi dan kegiatan yang menarik, menyenangkan, mudah dan menantang, bahkan menyehatkan.

Tunas kelapa dijadikan sebagai simbol atau lambang pramuka Indonesia. Melalui materi dan kegiatan kepramukaan akan terbentuk karakter positif pada anggotanya. Karakter positif dimaksud antara lain watak, akhlak dan budi pekerti luhur.

UPT SMPN 2 Lintau Buo merupakan salah satu dari sekian sekolah yang menyelenggarakan kegiatan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler utama. Anggota pramuka usia SMP berusia antara 11 sampai 15 tahun dan tergolong pada kelompok anggota pramuka penggalang.

belajar,tali temali,pramuka
Belajar tali-temali sebagai materi dasar dalam kegiatan kepramukaan (matrapendidikan.com)

Seperti yang diungkapkan Pembina Pramuka di sekolah tersebut, Hasma Umneti, S.Pd.Ing, kegiatan kepramukaan dimulai dari materi dasar yang mudah dan menyenangkan.

Materi ini  harus dikuasai oleh anggota pramuka melalui SKU (Syarat Kecakapan Umum). Salah satu materi dasar yang sedang diterapkan adalah tali temali. Tali temali berkaitan dengan tali, simpul dan ikatan.

Simpul merupakan hubungan tali dengan tali, sedangkan ikatan hubungan tali dengan benda lain. Benda lain disini adalah tongkat dan patok. Keterampilan ini menjadi dasar bagi anggota pramuka untuk melanjutkan pada materi dasar lainnya seperti kepemimpinan dan sandi.

Apa saja manfaat menajdi anggota pramuka?

1.Melatih kemandirian

Pramuka melatih diri anggotanya untuk menjadi pribadi mandiri. Pribadi mandiri dalam bersikap dan bertingkah laku. Mampu mengatasi masalah dan kesulitan yang dihadapi. Tidak selalu bergantung pada orang lain.

2.Mencintai alam dan lingkungan

Kegiatan berkemah akan mengantarkan anggota pramuka berinteraksi dengan lingkungan alam. Mencintai lingkungan alam sehingga menjaganya dari hal-hal yang menimbulkan kerusakan pada tanah, air, hewan dan tumbuhan..

3.Bertanggung jawab

Kegiatan pramuka melatih anggota untuk memiliki tanggung jawab. Tanggung jawab terhadap diri sendiri serta tanggung jawab terhadap orang lain. Melaksanakan tanggung jawab dengan penuh kesadaran.

4.Sehat dan bugar

Kegiatan pramuka mendatangkan kebugaran karena dilaksanakan di lingkungan terbuka atau di luar ruangan. Hiking, berkemah dan outbond adalah contoh kegiatan dalam pramuka yang menyehatkan tubuh dan membugarkan otak..

5.Sifat sosial dan kerja sama

Kegiatan pramuka memupuk rasa sosial dan gotong royong. Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan dan bekerja sama. Bergotong-royong mengerjakan suatu pekerjaan bersifat sosial kemasyarakatan.
Demikianlah pembahasan manfaat menjadi anggota pramuka di sekolah. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Menjadi Anggota Pramuka Itu Banyak Manfaatnya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel