Pemuda Cerdas dan Semangat Sumpah Pemuda

Pemuda cerdas dan semangat sumpah pemuda – Hari ini, 28 Oktober 2018 diperingati suatu peristiwa yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda ke- 90. Pemerintah melalui Menpora telah menerbitkan edaran seputar Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2018.

semangat pemuda,sumpah pemuda,rajin belajar
Ilustrasi pemuda dan semangat sumpah pemuda (doc.matrapendidikan.com)

Tema yang diusung pada peringatan Sumpah pemuda tahun 2018 ini adalah Bangun Pemuda Satukan indonesia. Tema ini mengisyaratkan kepada pemuda untuk tetap menjaga dan mempertahan rasa persatuan dan kesatuan bangsa dalam membangun Indonesia

Peristiwa pencetusan Sumpah Pemuda menjadi salah satu tonggak sejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda dicetuskan dalam Kongres Pemuda di Batavia tahun 1928.

Berbagai organisasi pemuda menyatakan kebulatan tekad untuk merebut kemerdekaan melalui sumpah yaitu bertanah air satu, tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia dan berbahasa satu bahasa Indonesia.

Bila tempoe doeloe pemuda bersatu untuk mewujudkan kemerdekaan maka saat ini harus bersatu untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan tersebut. Semangat Sumpah Pemuda menjadi landasan untuk membangun Indonesia yang sejahtera dalam kerangka Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pemuda yang masih dalam tahap belajar atau masih berada dibangku sekolah, belajarlah dengan baik untuk menggapai masa depan yang lebih cerah. Tinggalkanlah kebiasaan buruk yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

Sementara itu pemuda yang sudah menamatkan bangku pendidikan diharapkan untuk menerapkan ilmu yang telah didapatkan di tengah masyarakat. Membangun Indonesia dalam berbagai lini kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pemuda yang hidup di era perkembangan teknologi dan informasi dewasa ini harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi tersebut sebaik dan sebanyak mungkin. Mengambil hal positif dan membuang sisi negatif buah yang ditebarkan oleh kemajuan teknologi dan informasi.
Oleh sebab itu pemuda yang cerdas harus bisa beradaptasi dengan pengaruh kemajuan teknologi dan informasi untuk membangun Indonesia dalam kerangka NKRI. Dengan demikian dampak negatif kemajuan teknologi dan informasi yang merusak sendi-sendi kehidupan dapat diminimalisir.

Dirgahayu Sumpah Pemuda.ke- 90.

0 Response to "Pemuda Cerdas dan Semangat Sumpah Pemuda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel