Senyum Guru Semangat Belajar Siswa

Senyum guru semangat belajar siswa – Anda mungkin pernah menemukan dan membaca kalimat yang terpajang di dinding kelas dengan tulisan begini, “Senyum guru semangat belajarku”. Luar biasa kreativitas siswa dalam menulis kalimat motivasi belajarnya di sekolah.

senyum guru,semangat belajar,siswa
Ilustrasi senyum guru (pixabay.com)

Menilik tulisan tangan yang tertera di atas karton, di kasih bingkai kayu, digantung atau ditempel pada salah satu sisi ruang kelas. Sepertinya tulisan itu memang buatan siswa, guna melengkapi media gambar dan kalimat motivasi di dinding kelas.

Kita tidak beranggapan kalau guru sekarang sudah sulit untuk senyum menghadapi murid-muridnya.

Dari kalimat motivasi yang ditulis siswa dan dipajang di dinding kelasnya membuktikan bahwa siswa senang belajar dalam suasana ceria. Jauh dari nuansa tekanan dan paksaan.
Suasana yang demikian termasuk salah satu unsur suasana kondusif dalam pembelajaran. Belajar dalam suasana menyenangkan menjadi dambaan bagi setiap siswa. Itu sudah alamiah.

Suasana belajar kondusif memungkinkan terhindarnya siswa menunjukkan perilaku menyimpang. Mengganggu proses belajar, izin keluar tiap sebentar, bolos dan lain sebagainya.

Boleh jadi, senyum dan keceriaan guru di ruang kelas berdampak terhadap meningkatnya motivasi siswa untuk mengikuti pelajaran sebagaimana tulisan yang dipajang siswa di dinding kelas.

Akan tetapi senyum dan keceriaan itu alami, tidak dapat dibuat-buat. Siswa perlu juga memahami hal ini. Siswa tidak hanya mengharapkan suasana belajar menyenangkan dari guru.

Justru siswa di suatu kelas perlu berusaha menciptakan suasana dimana guru dapat mengajar dengan baik. Menjaga ketertiban kelas, menaati aturan belajar sehingga kondisi menyenangkan itu tercipta sebagaimana adanya.
Selain itu siswa juga aktif dalam belajar. Bertanya kepada guru jiak ada sesuatu yang kurang dipahami. Menjawab pertanyaan dari guru. Bertanya maupun menjawab pertanyaan dari guru dengan bahasa dan sikap yang baik.

0 Response to "Senyum Guru Semangat Belajar Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel