Pentingnya Dukungan Terhadap Guru dalam Menjalankan Tugas di Era Milennial

Pentinya dukungan terhadap guru dalam menjalankan tugas di era milennial – Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Peringatan HGN setiap tahun merupakan salah satu momentum penting untuk mengingatkan seluruh komponen bangsa untuk memberikan dukungan terhadap guru dalam menjalankan tugasnya.

hari guru,hgn,dukungan,tugas
Dukungan terhadap guru dalam menjalankan tugas (doc.matrapendidikan.com)

Artikel pendidikan singkat kali ini sengaja diturunkan dalam rangka menyambut HGN tanggal 25 November 2018.

Tugas guru tidak menjadi lebih ringan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Justru dalam era milennial, tugas guru semakin mendapat tantangan dalam mencerdaskan anak bangsa.

Konsekuensi kemajuan di era milennial tersebut semakin nyata menempatkan guru bukan lagi satu-satunya sumber informasi. Media belajar yang ada saat ini seperti komputer dan internet, juga tak kalah gesit dalam menyajikan informasi yang dibutuhkan peserta didik. 

Peserta didik sudah bisa mengakses aneka informasi berbagai disiplin ilmu berkaitan dengan materi belajar, dalam waktu relatif singkat, cepat melalui gadget yang dimilikinya

Jika demikian adanya maka tugas guru dalam pendidikan, bukan lagi menjadi sumber dan pemberi informasi belaka kepada peserta didik. Guru perlu mengubah perannya menjadi mediator antara informasi dengan kebutuhan informasi peserta didik.

Guru tidak lagi semata-mata bertugas mengajar melain menciptakan situasi dan kondisi yang dinamis bagaimana siswa dapat belajar di ruang kelas. Mengantarkan peserta didik berinteraksi dengan aneka disiplin ilmu pengetahuan dari berbagai sumber yang ada.

Selain itu, peran guru dalam pembelajaran yang tak kalah penting adalah sebagai motivator kreatif. Peran ini dinilai sangat strategis di era milennial ini. Bagaimana tidak? Melalui dorongan semangat dan sugesti seorang guru, peserta didik dapat belajar secara mandiri.

Peserta didik berusaha mencari dan mengolah informasi yang dibutuhkan di bawah bimbingan guru melalui aneka metode pembelajaran yang ada.

Apa pun metode yang digunakan guru dalam pembelajaran, tujuannya adalah bagaimana peserta didik dapat belajar. Kerangka berpikir guru dalam pembelajaran adalah bagaimana peserta didik dapat belajar dengan baik. 

Strategi yang ditempuh guru melalui penyusunan perangkat mengajar yang bagus dan aplikabel hanyalah salah satu upaya menciptakan bagaimana peserta didik dapat belajar dengan baik dan menyenangkan.

Mengingat semakin penting dan beratnya tugas guru di era milennial, perlu kiranya dukungan penuh dan nyata dari semua unsur. Mulai dari peserta didik sendiri, orangtua/wali murid serta pemerintah.
Sinergisitas ke semua unsur tersebut niscaya akan mengantarkan guru pada tugas membelajarkan siswa secara mandiri, kreatif dan optimis.

Selamat Hari Guru Nasional.

0 Response to "Pentingnya Dukungan Terhadap Guru dalam Menjalankan Tugas di Era Milennial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel