Hikmah Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW

Hikmah peringatan maulud nabi muhammad saw – Maulud Nabi merupakan salah satu peristiwa bersejarah bagi umat islam di seluruh dunia. Maulid (milad) berarti hari lahir, dalam hal ini adalah hari lahir  Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi jatuh setiap 12 Rabilul Awal dalam penanggalan hijriyah.

maulud nabi,muhammad saw,hikmah peringatan
Ilustrasi peringatan maulud nabi Muhammad SAW (tribunnews.com)

Dalam kalender Indonesia, peristiwa Maulud Nabi dijadikan sebagai hari libur nasional dan pada tahun 2019 ini jatuh pada tanggal 20 November. Dalam memperingati Maulud Nabi, berbagai kegiatan yang dilakukan oleh umat islam di Indonesia.

Seperti di berbagai daerah di Sumatera Barat, Maulud Nabi disambut dengan tradisi Malamang. Kemudian mengadakan pengajian, ceramah, wirid di surau atau masjid.

Yang lebih penting adalah bagaimana umat muslim mengambil hikmah dari Peringatan Maulud nabi Muhammad SAW. Hikmah yang utama adalah bagaimana umat muslim dapat menjalankan sunnahnya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu umat muslim dapat meneladani kepribadian karena didalam kepribadian Nabi Muhammad SAW terdapat suri tauladan yang baik. Allah SWT telah berfirman;

‘Sesungguhnya dalam kepribadian Muhammad SAW terdapat suri tauladan yang baik”. (QS: Al Ahzab, 21).

Dalam konteks pendidikan, pendidikan yang berlangsung di lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga hendaknya didasarkan atas keteladanan dari orangtua dan guru.

Pendidikan anak yang tidak dilandasi konsep keteladaanan, seperti doktrin dan pemaksaan. Itu akan sulit diterima oleh anak di sekolah maupun di lingkungan keluarga.

Pendidikan anak semestinya disesuaikan dengan tingkat dan taraf berpikir mereka. Oleh sebab itu kurikulum pendidikan mestilah disesuaikan dengan perkembangan peserta didik, karakter dan faktor lingkungan alam dan sosial dimana anak berada.

Pendidikan karakter mestilah berorientasi pada pembiasaan dan suri tauladan. Hal itu harus dimulai dari lingkungan keluarga. Penanaman nilai karakter yang memadai dari lingkungan keluarga niscaya akan membuat tugas lembaga pendidikan tidak menjadi lebih berat.

Sesungguhnya lembaga pendidikan itu bertugas untuk mengembangkan nilai-nilai karakter yang sudah ditanamkan sejak dini di lingkungan keluarga.

Memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW berarti membawa kita untuk menyadari kembali betapa dalam hidup dan kehidupan, kita perlu meneladani kepribadian Nabi Muhammad SAW agar selamat di dunia bahkan sampai akhirat.

0 Response to "Hikmah Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel