Menakjubkan, 5 Manfaat Menerima Rapor Anak Bersama Orangtua

Menakjubkan, 5 manfaat menerima rapor anak bersama orangtua – Kedatangan orangtua murid ke sekolah tidak selalu karena undangan mengadakan rapat komite sekolah. Namun akhir-akhir ini lebih sering karena ada undangan untuk menerima rapor hasil belajar anak.

manfaat,orangtua murid,terima rapor
Orangtua murid saat menerima rapor hasil belajar anak (doc.matrapendidikan.com)

Biasanya pihak sekolah mengundang orangtua murid untuk menerima rapor semester, tengah semester bahkan hasil belajar ulangan harian. Seperti diinfokan blog ini, kemaren orangtua murid menerima rapor tengah semester.
Undangan pihak sekolah untuk menerima rapor hasil belajar anak patut menjadi perhatian sekaligus dipenuhi oleh orangtua tua. Apa manfaat orangtua menerima rapor anak di sekoalh? Simak uraian berikut ini:

1.Mendapat informasi langsung perkembangan anak

Orangtua murid yang memenuhi undangan pihak sekoalh akan mendapat informasi secara langsung mengenai perkembangan anak. Perkembangan anak dimaksud antara lain;  hasil belajar, sikap dan tingkah laku anak.

Selain itu orangtua murid juga dapat membandingkan sikap dan tingkah laku anak di rumah dan selama berada belajar di sekolah. Orangtua akan memperoleh gambaran sikap dan tingkah laku anak selama berada di sekolah. Informasi detail ini akan diperoleh dari wali kelas/guru kelas.

2.Mengetahui program dan kebijakan sekolah

Manfaat lain kedatangan orangtua murid untuk menerima rapor hasil belajar anak adalah memperoleh informasi program, kebijakan dan kemajuan sekolah. Informasi  ini biasanya diperoleh melalui pimpinan sekolah dan komite sekolah ketika pertemuan paripurna seluruh orangtua, pimpinan sekolah dan komite sekolah.

3.Meningkatkan peranan orangtua dalam pendidikan anak

Saat menerima rapor anak di sekolah, orangtua akan memperoleh informasi tentang hasil belajar anak. Orangtua memiliki peran dalam menindaklanjuti hasil belajar anak, sekaligus sikap serta tingkah laku anak.

Boleh jadi orangtua akan memberikan semacam reward (penghargaan) terhadap anak yang memperoleh hasil belajar memuaskan. Sebaliknya, akan meningkatkan pengawasan terhadap anak selama berada di rumah.

4.Menambah wawasan orangtua tentang pendidikan terkini

Orangtua murid akan mendapatkan informasi dan pengetahuan terbaru mengenai perkembangan pendidikan di sekolah. Apalagi saat ini sering terjadi perubahan-perubahan mendadak terhadap peraturan dan kebijakan dalam dunia pendidikan.

Dengan menghadiri kegiatan penerimaan rapor hasil belajar anak, orangtua murid akan dapat mengupdate semua itu secara langsung dan cepat dari pihak sekolah.

5.Bertemu dengan almamater

Tidak sedikit orangtua yang datang ke sekolah untuk menerima rapor anak dalam nuansa reuni dengan almamaternya. Orangtua murid bertemu kembali dengan sekolah tempatnya belajar dulu dan guru yang mengajarnya.

Kenyataan seperti itu biasanya berdampak akan meningkatkan partisipasi dan kontribusi orangtua murid dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Kenapa? Orangtua murid dulu belajar di sekolah itu, sekarang giliran anaknya.
Demikianlah 5 manfaat menakjubkan bagi orangtua murid untuk menerima hasil belajar anak di sekolah.

0 Response to "Menakjubkan, 5 Manfaat Menerima Rapor Anak Bersama Orangtua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel