Membuat Sala Lauak, Siapa Berani Mencoba?

Membuat sala lauak, siapa berani mencoba? – Jika anda bepergian ke daerah Pariaman dan sekitarnya. Tentu akan bertemu dengan penganan jensi gorengan yang satu ini, Sala Lauak. Biasanya, gorengan sebesar ibu jari atau bola pingpong ini terbuat dari bahan seperti; tepung beras, ikan (teri) serta bumbu lainnya.

sala lauk,lauak,gorengan
Sala lauk atau sala lauk gorengan khas daerah Pariaman (matrapendidikan.com)

Sekarang akan kami sajikan Sala Lauak (Lauk) dari bahan singkong. Penganan gorengan yang disajikan ini merupakan buatan istri admin sendiri.

Istri admin berasal dari daerah Pariaman dan menghabiskan waktunya di rantau. Bertugas sebagai seorang ASN (Aparatur Sipil Negara) Guru. Meskipun menghabiskan waktu di rantau, ia masih gemar membuat masakan khas daerah Pariaman.

Sate misalnya, adalah masakan khas Pariaman yang sudah terkenal di seantero nusantara. Orang mengenal masakan ini dengan Sate Piaman. Ketika lebaran, istri admin selalu membuat masakan khas Pariaman ini.

Sate Piaman Lamak rasonyo, begitu bunyi sebaris lagu lawas yang berjudul Sate Piaman.

Selain masakan sate ada juga jenis gorengan yang disebut Sala Lauak. Sala artinya gorengan dan lauak artinya ikan. Kalau digabung kedua kata tersebut, secara harfiah menjadi gorengan ikan.

Goreng ikan yang sering kita kenal adalah lauk teman makan nasi. Akan tetapi untuk dijadikan penganan, Sala Lauk sudah dicampur dengan bahan dan bumbu lain.

Lazimnya sala lauk ini terbuat dari bahan utama tepung beras. Namun istri saya  sering membuatnya dari bahan singkong. Kebetulan sekitar rumah banyak singkong sehingga tidak perlu dibeli.

A.Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan utama sala lauak adalah singkong dan ikan teri. Singkong diparut dan dibuang airnya. Sedangkan ikan teri digiling halus.

Selain bahan di atas juga terdapat berbagai bahan sebagai bumbu dapur seperti;  kunyit, daun kunyit, jahe, lengkuas, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit dan daun seledri.
Bahan dan bumbu sala lauak dibuat menjadi adonan. Kemudian dibentuk bulatan-bulatan sebesar ibu jari agar mudah digoreng. Jika bahan utamanya tepung beras, bulatan-bulatan untuk digoreng boleh lebih besar. Misalnya sebesar bola pingpong karena adonan tepung beras sedikit lembut dari adonan singkong parut.

B.Cara membuatnya

-Haluskan bumbu seperti jahe, lengkuas, kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih dan cabai hijau.

-Kemudian daun kunyit dan seledri diiris tipis serta ditaburkan di atas adonan singkong parutan.

-Aduk kembali adonan singkong, ikan teri dan bumbu yang sudah dihaluskan. Kemudian bentuk bulatan-bulatan sebesar ibu jari atau lebih. Namun karena bahan singkong  akan memadat jika digoreng cukup sebesar ibu jari saja.

-Terakhir, goreng bulatan sala lauak sampai warna luarnya menguning kecoklatan.

Demikianlah info Sala Lauak Pariaman dengan tekstur renyah dan citarasa unik untuk pengunjung blog matrapendidikan.com.

0 Response to "Membuat Sala Lauak, Siapa Berani Mencoba?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel