Mengobarkan Semangat Berjuang dalam Menghadapi Berbagai Kesulitan

Mengobarkan semangat berjuang dalam menghadapi berbagai kesulitan – Setiap manusia pasti akan menghadapi kesulitan dalam hidup dan kehidupannya. Kesulitan itu dialami secara individu maupun kelompok atau lembaga. Namun demikian tidak seorang pun atau kelompok mana pun yang mau menyerah dengan segala kesulitan yang dihadapinya.

kobarkan,semangat,berjuang,kesulitan
Optimisme hadapi kesulitan hidup (pexels.com)

Seorang siswa misalnya, akan menghadapi kesulitan dalam menjalani proses belajar di sekolah maupun di rumah. Siswa perlu berjuang dengan penuh semangat untuk menghadapi kesulitan tersebut  agar cita-citanya tercapai.

Begitu pula seorang guru, sudah pasti akan mengalami kesulitan dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik. Kesulitan menyelesaikan administrasi perangkat mengajar. Atau mengalami kendala menghadapi peserta didik yang notabene hidup di zamanNow!

Sebuah keluarga, sebagai unit terkecil anggota masyarakat tak luput dari kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Berbagai bentuk kesulitan yang dialami oleh kepala keluarga dan anggotanya.

Kesulitan dalam memenuhi atau mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Dalam hidup dibutuhkan berbagai fasilitas yang dibeli atau dibayar dengan uang. Dalam memenuhi hal tersebut sering mengalami kesulitan. Antara pemasukan dan pengeluaran keuangan tidak lagi seimbang.

Selain itu, kesulitan yang tak kalah penting adalah menghadapi anak, istri atau suami. Seorang ayah kesulitan menghadapi anak dan istrinya. Begitu pula seorang istri mengalami masalah dalam menghadapi anak dan suaminya.

Lembaga pendidikan sekolah juga sering menghadapi berbagai kesulitan. Kepala sekolah sebagai pimpinan, tak luput dari berbagai kesulitan. Kesulitan dalam menghadapi keterbatasan yang ada di sekolah.

Kesulitan menghadapi permasalahan terbatasnya anggaran dana, sarana dan prasarana penunjang kelancaran pendidikan. Juga mengalami kesulitan menghadapi rekan kerja dan peserta didik serta warga sekolah lainnya.

Untuk menghadapi kesulitan secara individu atau kelompok seperti dipaparkan di atas, diperlukan semangat menyala. Semangat berjuang untuk menghadapi kesulitan sehingga dapat teratasi dengan baik.
Untuk mengobarkan semangat berjuang menghadapi kesulitan dalam hidup dan kehidupan. Kiranya perlu bercermin pada semangat perjuangan para pahlawan. Melalui semangat perjuangan yang berkobar, para pahlawan berhasil merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dirgahayu Hari Pahlawan 10 November.

0 Response to "Mengobarkan Semangat Berjuang dalam Menghadapi Berbagai Kesulitan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel