Mengenal Spesifikasi Client Komputer UNBK

Mengenal spesifikasi client komputer unbk – Penyelenggaraan UNBK di setiap sekolah mengharuskan sekolah tersebut menyediakan berbagai perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) serta sarana dan prasarana pendukung yang memadai. Hal ini bertujuan agar pelaksanaan UNBK berjalan lancar tanpa hambatan atau gangguan saat berlangsungnya UNBK.

client,server,lan,komputer,unbk
Ilustrasi client komputer UNBK di sekolah (pexels.com)

Pada artikel terdahulu sudah dibahas perangkat lunak penunjang UNBK yaitu spesifikasi server komputer UNBK. Server komputer ini harus dalam kapasitas dan kecepatan akses yang memadai karena akan melayani banyak client dalam suatu ruangan komputer.
Server dan client merupakan dua unsur yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Server  Server adalah penyedia layanan client sedangkan client merupakan pemakai layanan server.

Client adalah komputer yang ada pada jaringan komputer yang memanfaatkan sumberdaya yang disediakan oleh server. Client berfungsi untuk mengatur pengguna antar muka (user interface) dan memproses aplikasi.

Seperti yang tersebut dalam situs kemdikbud.go.id spesifikasi server maupun client sekolah penyelenggara UNBK. Dalam satu server dapat melayani minimal 40 client. Artinya antara server dan client komputer 1 ; 40.

Sedangkan layar monitor komputer/laptop client minimal berukuran 11 inch dengan OS Windows XP, Windows 7, Windows 8/Linux, MAX/Chrome Os dengan web browser exambro versi terbaru.

Processor komputer minimal single core, RAM minimal 512 MB, hardisk minimal tersedia 10 GB dalam keadaan kosong (free space).

Dalam 1 client minimal digunakan oleh 3 orang peserta UNBK. Artinya jumlah client sesuai dengan rasio 1 : 3 (satu client untuk 3 peserta UNBK).

Selain itu juga dilengkapi perangkar headset/earphone untuk ujian listening tingkat SMA/MA/K.

Memiliki jaringan LAN dengan switch 10/100/1000 Mbps dengan jumlah port sesuai dengan jumlah komputer pada setiap server. Server ini harus memiliki switch sendiri dan tidak boleh digabung dengan server lain.
Demikianlah bahasan tentang spesifikasi minimal client komputer UNBK di sekolah. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

0 Response to "Mengenal Spesifikasi Client Komputer UNBK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel