Spesifikasi Server Komputer UNBK yang Perlu Diketahui

Spesifikasi Server Komputer UNBK yang perlu diketahui – Bagi anda siswa peserta atau orangtua murid peserta UNBK mungkin perlu mengetahui seperti apa spesifikasi komputer dan kebutuhan yang diperlukan oleh sekolah penyelenggara UNBK tersebut. Pada kesempatan ini akan disajikan spesifikasi server komputer pada sekolah penyelenggara UNBK.

server komputer,spesifikasi,unbk
Ilustrasi komputer dan jaringan sebagai media UNBK di sekolah (pexels.com)

Seperti telah diketahui, Kemendikbud RI telah menetapkan persyaratan sekolah penyelenggara UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Salah satunya adalah persyaratan tentang sarana komputer media UNBK dan penujang yang dimiliki sekolah, antara lain; server, client dan jaringan LAN.
Spesifikasi sarana komputer yang dimiliki sekolah penyelenggara UNBK akan dibahas adalah bagian server komputer. Server adalah sistem komputer yang menyediakan berbagai jenis layanan yang ditujukan untuk client dalam jaringan komputer.

Server komputer akan berkaitan dengan sistem operasi, processor, RAM dan perangkat lainnya. Ada beberapa spesifikasi server yang dipersyaratkan bagi sekolah penyelenggara UNBK, yaitu spesifikasi OS, processor, RAM, Harddisk, UPS dan LAN Card.

1.OS (operating System)

Sistem Operasi (operating system) merupakan perangkat lunak dalam mengoperasikan sebuah komputer atau laptop. Sistem operasi komputer berfungsi untuk mengelola seluruh perangkat lunak dan perangkat keras yang ada pada komputer.

Sistem operasi komputer yang sudah dikenal antara lain Microsoft Windows, Mac OSX dan Linux. Kemendikbud mempersyaratkan OS komputer bagi sekolah penyelenggara UNBK adalah OS kecepatan 64 bit seperti Windows Server/Windows 8/Linux Ubuntu 14.04.

2.Processor

Komputer yang digunakan untuk UNBK minimal jenis processor 4 core dan clock rate minimal 1.6 GHz (64 bit). Processor merupakan otak komputer yang terdapat pada motherboard/mainboard sebuah komputer. Processor yang bagus memiliki kapasitas penyimpanan dan kecepatan tinggi.  

3.RAM

RAM (Random Acces Memory) atau diterjemahkan sebagai memori akses bebas, merupakan sebuah media untuk menyimpan masukan (input) berupa data atau program. Ram berfungsi untuk mempercepat proses penyimpanan dan penyimpan sementara sebelum tersimpan dalam Harddisk.

Untuk keperluan UNBK digunakan spesifikasi RAM minimal 8 GB dengan jenis DDR 3.

4.Harddisk

Harddisk merupakan komponen penyimpan data pada komputer. Jenis harddisk yang digunakan adalah SATA karena proses penyimpanan yang sangat cepat dan jarang terjadi penundaan penyimpanan data. Untuk media UNBK diperlukan Harddisk 250 GB

5.UPS

UPS singkatan dari Uninteruptible Power Suplay yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik dan mampu menyimpan arus listrik selama beberapa waktu ketika aliran listrik terputus.

Dengan demikian ketika arus listrik terputus, komputer tidak langsung padam melainkan mengambil arus yang tersimpan pada UPS. Pengguna akan dapat melakukan sesuatu seperti menyimpan data sebelum komputer benar-benar padam.

6.LAN Card

LAN (Local Area Network) merupakan jaringan komputer lokal yang memerlukan berbagai perangkat pendukung seperti LAN Card. Perangkat Lan Card ini berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan sehingga lancar dan terhubung dengan baik.

LAN Card merupakan salah satu perangkat interface pada jaringan komputer yang menghubungkan sebuah komputer dengan jaringan lainnya dengan menggunakan kabel. Lan Card yang digunakan untuk UNBK adalah jenis NIC, 2 unit dengan support 2 GB.
Demikian sajian spesifikasi server komputer sekolah penyelenggara UNBK yang perlu diketahui.Semoga pada artikel berikutnya akan dibahas spesifikasi lainnya yang mungkin bermanfaat untuk anda ketahui.

0 Response to "Spesifikasi Server Komputer UNBK yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel