Manfaatkan Gadget Menjadi Produktif Bagi Anak Muda

Manfaatkan gadget menjadi produktif bagi anak muda – Usia muda adalah usia yang cukup produktif dibandingkan usia setelah itu. Pada usia muda, seseorang sangat dimungkinkan untuk menghasilkan karya-karya bermanfaat. Tidak hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri, terlebih lagi untuk orang lain.

manfaatkan,gadget,produktif,anak muda
Anak muda dapat manfaatkan gadget untuk kegiatan produktif (pexels.com)

Tak dapat dipungkiri, saat ini anak muda lebih dekat dan akrab dengan gadget (gawai) sebagai produk teknologi yang persifat praktis, komplit dan berukuran kecil. Sebutlah itu smartphone atau handphone, tablet, notebook.

Gadget telah menyita perhatian anak muda sehingga menghabiskan banyak waktunya melakukan kegiatan browsing internet. Yang jauh seakan terasa dekat oleh pengguna gadget tersebut. Namun sayangnya, ada pula orang  yang sudah ada di dekat, disamping atau dihadapannya seakan-akan berada jauh dari mereka.

Begitu mudah mereka berinteraksi dengan orang lain di belahan dunia maya sana melalui jaringan internet. Menggunakan berbagai gadget dengan aplikasi media sosial seperti facebook, instagram dan lain sebagainya.

Bagi anak sekolah, waktu terbanyak semestinya digunakan untuk belajar. Namun kadang-kadang anak sekolah lebih banyak memegang gadget ketimbang buku pelajaran di rumah.

Masih untung orangtua dan orang dewasa lainnya di rumah, cukup disiplin terhadap anak-anaknya. Melarang anaknya memainkan gadget sebelum belajar karena belajar adalah tugas utama seorang anak.

Salahkah dengan anak muda seperti itu? Tidak!

Yang perlu dioptimalkan oleh orangtua, guru dan orang dewasa lainnya adalah bagaimana anak muda tersebut memanfaatkan produk teknologi gadget itu untuk hal bermanfaat dan produktif.

Bukan hanya sekadar penikmad layanan gadget, justru sebaliknya dapat berkreasi melalui gadget tersebut.

Sebagai contoh, anak muda memiliki mobile seluler android keren, fitur lengkap karena harganya juga memang mahal. Kemudian mereka dapat mengakses internet melalui yang menggunakan paket data atau jaringan wifi gratis.

Itu semua sebenarnya dapat dimanfaatkan oleh anak muda untuk menghasilkan uang, paling tidak berbagi sesuatu kepada orang lain.  Bukankah itu bermanfaat bagi orang lain?

Membuat blog pribadi atau menjadi youtuber. Fitur foto dan video pada mobile android dapat dimanfaatkan untuk mengambil gambar maupun video untuk diposting melalui media blog maupun youtube.

Kalau selama ini pemanfaatan gadget hanya sekadar untuk mengisi linimasa facebook atau instagram hanya sebagai hobi, mendapatkan hiburan dan kesenangan bagi anak muda.

Tentu tidak tertutup kemungkinan hobi dan kesenangan tersebut lebih dioptimalkan lagi menjadi hobi yang produktif dan bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang banyak.

1 Response to "Manfaatkan Gadget Menjadi Produktif Bagi Anak Muda"

  1. betul sekali,banyak hal yang bisa dilakukan dg gadget, tdk hanya untuk sekedar bermedsosan

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel