Penerapam Program Literasi Berbasis Kelas

Penerapan program literasi berbasis kelas – Ruang kelas menjadi basis terselenggaranya proses pendidikan di lembaga sekolah. Di ruang kelas terjadi proses belajar dan mengajar secara ril. Proses ini diatur dalam alokasi waktu tertentu menurut mata pelajaran sesuai kurikulum yang berlaku.

mading kelas,literasi kelas,membaca,menulis
Mading kelas VIII.B, salah satu Mading Kelas di SMPN 2 Lintau Buo (matrapendidikan.com)

Selain itu, pembelajaran diterapkan melalui berbagai strategi dan metode yang sudah diperhitungkan oleh guru. Artinya dipertimbangkan berdasar karakter mata pelajaran, kondisi sekoalh dan peserta didik.

Program literasi adalah upaya pendekatan pengembangan minat membaca dan menulis di kalangan peserta didik. Program ini dikembangkan secara terpadu melalui literasi sekolah dan literasi berbasis kelas.

Program literasi berbasis kelas ternyata cukup strategis mengingat basil pendidikan di sekolah adalah ruang kelas. Penerapan program literasi berbasis kelas akan mencapai sasaran yang lebih efektif.

Berbagai upaya diterapkan untuk mengembangkan program berbasis kelas. Guru mata pelajaran, wali kelas/guru kelas serta paguyuban kelas/komite kelas berpelung untuk saling berpacu mengembangkan program literasi ini.

Wali kelas dan komite kelas berupaya menciptakan ruangan kelas yang nyaman. Namun penuh dengan nuansa yang mendorong siswa untuk membaca. Media belajar dan kata-kata inspirasi dan motivasi dipajang di dinding kelas.

Sementara guru mata pelajaran menerapkan budaya baca melalui penyediaan waktu bagi siswa untuk membaca, kemudian menulis. Misalnya kegiatan membaca buku sumber dan merangkumnya sendiri.
Selain itu, wali kelas dapat mendorong siswa untuk berkarya melalui membaca dan menulis. Salah satu upaya tersebut adalah membuat buletin kelas atau majalah dinding (Mading) kelas.

Penerapan program literasi berbasis kelas juga dapat dilakukan dengan menyediakan pustaka kelas. Kegiatan ini perlu kerja sama dengan komite kelas untuk memfasilitasi isi pustaka kelas tersebut.
Untuk mendukung pengembangan Mading kelas, pihak sekolah berpeluang untuk mengadakan Lomba Mading Antar kelas. Lomba ini akan menggairahkan setiap kelas untuk berkreasi melalui Mading kelas.

Dengan demikian dapat ditarik benah merah bahwa sebuah kelas menjadi dasar dalam pengembangan program literasi di sekolah.


0 Response to "Penerapam Program Literasi Berbasis Kelas"

Posting Komentar