Persiapan Instalasi Jaringan Komputer UNBK di Sekolah

Persiapan instalasi jaringan komputer UNBK di sekolah - Ujian Nasional Berbasis Komputer UNBK) tinggal beberapa bulan lagi. Sekolah yang akan melaksanakan UNBK untuk pertama kalinya, saat ini telah atau sedang melaksanakan persiapan pemasangan instalasi jaringan komputer UNBK pada ruangan ujian.

komputer client,instalasi jaringan,jaringankomputer,unbk
Beberapa unit komputer client yang akan dipakai pada UNBK di sekolah (Rahid S/matrapendidikan.com)

UPT SMPN 2 Lintau Buo, Kab.Tanah Datar merupakan salah satu sekolah yang akan melaksanakan UNBK untuk pertama kalinya. Saat ini, proktor UNBK  di sekolah sedang menyiapkan instalasi jaringan komputer di ruang ujian UNBK.

Instalasi server dan client adalah persiapan awal dalam menyiapkan komputer sebagai media UNBK. Kemudian dilanjutkan dengan penyetelan server sehingga dapat difungsikan saat berlangsungnya UNBK. Namun sebelumnya dilaksanakan simulasi UNBK untuk memeriksa apakah jaringan komputer UNBK dapat berfungsi dengan baik.

Jika anda sempat masuk ke ruang komputer, ruang UNBK, akan ditemukan banyak komputer yang saling terhubung satu sama lain sehingga disebut jaringan komputer. Namun semua komputer tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu komputer server dan komputer client.

R.Hidayatullah, A.Md.Kom , salah seorang proktor UNBK di SMPN 2 Lintau Buo mengatakan kepada admin matrapendidikan.com bahwa persiapan UNBK di sekolah baru tahap pemasangan komputer client.

switch hub,kabel isntalasi,switch client
Salah satu instalasi jaringan komputer client (Rahid S./matrapendidikan.com)

“Jaringan komputer client sudah selesai dipasang, selanjutnya akan dikerjakan instalasi server, serta melengkapi fasilitas stabilizer Voltage dan pendingin ruangan (AC).” ujar R.Hidayatullah, A.Md.Kom saat berbincang ringan dalam ruang ujian UNBK beberapa waktu lalu.
Dalam mengerjakan persiapan awal,  instalasi komputer jaringan yang meliputi komputer server dan komputer client,  ia bekerja sama dengan ahli komputer jaringan lainnya seperti Benni Rikki, S.Kom dan Delfi Adri, SP.

Sebagai proktor UNBK, R.Hidayatullah tenaga yang bertindak sebagai operator server, menghubungkan server lokal dengan server pusat, menjaga koneksi komputer client dengan komputer server selama berlangsungnya ujian serta menyiapkan data peserta ujian.
Demikianlah artikel seputar persiapan awal UNBK di sekolah terutama sekali instalasi jaringan komputer di ruang ujian UNBK. Sampai jumpa pada artikel berikutnya dengan topik yang sama.

0 Response to "Persiapan Instalasi Jaringan Komputer UNBK di Sekolah"

Posting Komentar