Tugas Pengawas Ruang UNBK Lebih Simpel Namun Berpeluang Timbulkan Kejenuhan

Tugas pengawas ruang unbk lebih simpel namun berpeluang timbulkan kejenuhan– Apa perlu ada simulasi buat pengawas ruang UNBK? Tentu saja perlu. Penyelengggaraan simulasi UNBK di sekolah penyelenggara, sesungguhnya tidak hanya untuk siswa peserta UNBK. Simulasi itu menyangkut semua pelaku kegiatan yang berkaitan dengan prosesi UNBK. Mulai dari proktor, teknisi, pengawas ruang dan peserta.

pengawas ruang,unbk,simpel,mengantuk
Pengawas ruang simulasi UNBK sesekali berjalan dan mengamati komputer siswa untuk mengusir kejenuhan (Rahid S/matrapendidikan.com)

Simulasi UNBK pada hakikatnya suatu langkah uji coba pelaksanaan UNBK. Melalui kegiatan simulasi untuk proktor, teknisi, pengawas dan peserta, pelaksanaan UNBK dapat dipersiapkan dengan baik.

Segala bentuk kekurangan yang ditemukan dalam pelaksanaan simulasi UNBK dijadikan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan untuk menyiapkan UNBK. Selain itu pelaksanaan simulasi dapat menjadi ajang latihan bagi penyelenggara UNBK.

Tugas pengawas ruang lebih simpel

Beberapa jam sebelum artikel ini diterbitkan, admin matrapendidikan.com bertugas mengawas di ruang simulasi UNBK pada mata pelajaran Bahasa Inggris sesi 2. Sesi 2 ini berlangsung dari pukul 10.30 WIB sampai 12.30 WIB (menurut jadwal).

Selama ujian berlangsung tidak terjadi permasalahan sehingga simulasi UNBK berjalan lancar. Ruangan ujian cukup kondusif meskipun di luar cuaca panas. Hal ini karena ruang ujian sudah memiliki pendingin ruangan (air conditioner) dan kipas angin.

Ternyata pengawas ruang UNBK bertugas lebih simpel ketimbang pengawas UNKP. Kenapa jauh lebih sederhana dan tidak banyak kerja?

Pengawas ujian tidak lagi berurusan dengan yang namanya amplop soal ujian dan lembaran jawaban siswa. Selain itu tidak lagi berurusan dengan kegiatan tulis-menulis mengisi data peserta, data pengawas, nama peserta dan lain sebagainya. Begitu pula mengisi absensi dan berita acara UNBK.

Yang dibawa pengawas masuk ruang ujian hanyalah alat tulis untuk keperluan membubuhkan tanda tangan sebagai pengawas pada absensi dan berita acara. Gampang bukan?

Kalau begitu apa saja tugas pengawas ruang UNBK? Tugas pengawas ruang hanyalah memandu peserta untuk memulai dan mengakhiri ujian, membubuhkan tanda tangan pada lembaran absensi dan berita acara yang sudah ada.

Berpeluang timbulkan kejenuhan

Aktivitas pengawas ruang UNBK berkurang, tidak lagi membawa amplop soal dan lembaran ujian. Tidak lagi membagikan soal dan lembaran jawaban tersebut. Tidak lagi mengisi nama peserta ujian dan berita acara.

Dan, tidak ada lagi tugas mengumpulkan dan memeriksa kelengkapan lembaran jawaban, memasukkan ke dalam amplop sampai mengelem sampul lembaran jawaban ujian.

Berkurangnya aktivitas pengawas ruang UNBK membuka peluang jenuh atau mengantuk saat mengawas ujian selama 2 jam. Namun pengawas ruang tentunya akan punya banyak cara untuk mengusir rasa kantuk dan jenuh selama mengawas UNBK.
Pengawas ruang UNBK tidak akan menyentuh komputer. Soal komputer dan koneksi sudah diserahkan pada proktor dan teknisi. Yang ‘alergi’ dengan komputer tak perlu khawatir jika mendapat tugas sebagai pengawas ruang UNBK.

0 Response to "Tugas Pengawas Ruang UNBK Lebih Simpel Namun Berpeluang Timbulkan Kejenuhan"

Posting Komentar