Simulasi UNBK di UPT SMPN 2 Lintau Buo Sudah Dimulai Hari Ini

Simulasi unbk di upt smpn 2 lintau buo sudah dimulai hari ini – Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Pelajaran 2018/2019 telah dimulai hari ini di UPT SMPN 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar, Selasa (18/12).. Ujian simulasi pada hari perdana ini adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia dan berlangsung selama 3 sesi.

simulasi unbk,smpn 2 lb,diwarnai masalah
Simulasi UNBK telah dimulai hari ini untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia (RahidS/matrapendidikan.com)

Sesi pertama terpaksa terlambat sekian menit dari jadwal yang telah ditetapkan. Padahal siswa sudah hadir dan memasuki ruang ujian sesuai aturan. Namun keterlambatan rilis token ujian dari Puspekdik membuat siswa mulai resah.

Teknisi UNBK UPT SMPN 2 Lintau Buo R.Hdayatullah, A.Md.Kom  mengatakan bahwa ujian untuk sesi 1 telat dimulai akibat lambatnya pengiriman token dari Puspendik.

“Kita hanya bisa menunggu sampai rilis token UNBK, pak.” ujar R.Hidayatullah, A.Md.Kom didampingi Proktor  Ropi’u, S.Pd dan Pengawas UNBK, Yuhelmi, S.Pd.

Sementara itu Kepala SMPN 2 Lintau Buo mengatakan keterlambatan ini lumrah dan dapat dimaklumi karena sekolah ini baru tahun pelajaran ini akan menyelenggarakan UNBK.

“Jadi wajar membuat kita agak deg-degan atas keterlambatan pengiriman tioken oleh Puspendik.” ungkap Fauzi, S.Pd beberapa waktu sebelum meninjau ke ruang ujian siswa.

kepala sekolah,tinjau unbk,ruang ujian
Kepala UPT SMPN 2 Lintau Buo tinjau suasana UNBK di ruang ujian (Rahid S/matrapendidiakn.com)

Permasalahan dan kendala yang dihadapi saat UNBK di hari pertama tidak hanya keterlambatan rilis token ujian. Pada sesi berikutnya juga terjadi kendala dimana listrik padam secara lokal akibat overload.

“Padahal sebelumnya sudah dicek sedemimkian rupa, tak ada masalah dengan dengan daya listrik di sekolah. Artinya daya listrik di sekolah sebagai persyaratan UNBK sudah sesuai dengan ketentuan.” jelas R.Hidayatullah.

Pada bagian lain R.Hidayatullah, A.Md.Kom mengakui ada beberapa komputer client yang log-out sendiri. Padahal siswa tidak log-out karena mereka sedang menyelesaikan soal ujian.
Lebih jauh teknisi UNBK di sekolah perdana menyelenggarakan UNBK ini berharap agar masalah serupa tidak terjadi lagi pada hari berikutnya.

0 Response to "Simulasi UNBK di UPT SMPN 2 Lintau Buo Sudah Dimulai Hari Ini"

Posting Komentar