Melongok Dasawisma Kenanga 16 Tigo Tumpuak Kenagarian Taluak

Melongok dasawisma kenanga 16 tigo tumpuak kenagarian taluak – Pemberdayaan masyarakat perlu dimulai dari unit terkecil masyarakat itu sendiri, yaitu keluarga. Dari unit terkecil ini akan menyebar membentuk kelompok-kelompok kecil, seperti Dasawisma yang ada di tingkat jorong.

dasawisma,anggota,kenanga 16
Anggota Dasawisma Kenanga 16 Jorong Tigo Tumpuak Kenagarian Taluak foto bersama (Rika G/matrapendidikan.com)

Pemberdayaan masyarakat melalui kelompok Dasawisma digerakkan oleh PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) yang ada di tingkat Jorong, nagari dan kecamatan.

Kali ini kami mengajak anda untuk melongok Dasawisma Kenanga 16 Jorong Tigo Tumpuak Kenagarian Taluak. Dasawisama yang diketuai oleh Ny. Rika Gusti ini sudah mulai aktif sejak tahun lalu. Berbagai kegiatan telah dilaksanakan dalam rangka memberdayakan keluarga untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga.

“Membuat Taman berupa Apotik Hidup dan dapur Hidup. Kemudian melaksanakan kegiatan sosial, keagamaan dan kemasyarakatan. Bentuk kegiatan ini disesuaikan dengan tradisi dan budaya masyarakat di Nagari Taluak,” tutur Ny. Rika Gusti kepada admin matrapendidikan.com melalui telepon selluler.

Lebih jauh Ny.Rika Gusti merinci apotik hidup dilengkapi dengan berbagai tanaman obat (herbal) seperti jahe, kunyit, lengkuas dan lain sebagainya. Sementara itu dapur hidup berisi bahan dan bumbu kebutuhan dapur.

penggerak pkk,jorong taruko,nagari taluak
Penggerak PKK Jorong Tigo Tumpuak dan Nagari Taluak foto bersama di depan Taman Dasawisma (Rika G/matrapendidikan.com)

“Dengan demikian setiap rumah anggota Dasawisma Kenanga 16 dapat menerapkannya di rumah masing-masing dengan memanfaatkan pekarangan atau lahan kosong untuk ditanami apotik hidup[ dan dapur hidup,” tegas ibu dari dua anak ini.

Kegiatan keagamaan yang dilaksanakan antara lain pengajian, wirid, lomba tahfizul qur’an, dan lainnya. Seperti yang diutarakan Ny. Rika Gusti, Dasawisma Kenanga 16 Tigo Tumpuak dibina langsung oleh Penggerak PKK Jorong Tigo Tumpuak Ny. Dona Rici Putra Minda.

Wali Nagari, Taluak,Penggerak PKK,dasawisma kenanga
Wali Nagari Taluak beserta Ibu Penggerak PKK hadir dalam pembenahan taman Dasawisma (Rika G/matrapendidikan.com)

Di tingkat nagari, Dasawisma Kenanga 16 Tigo Tumpuak dibina oleh Tim Penggerak PKK Kenagarian Taluak, Ny. Yet Pendi Aswil. Selanjutnya untuk tingkat perintah kecamatan dibina oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Lintau Buo, Ny. Zulkifli Idris.

Peran strategis dasawisma

Dasawisma merupakan kelompok dalam PKK yang memiliki peran strategis dalam mewujudkan keluarga sejahtera. Sekaligus menjadi ujung tombak bagi penggerak PKK dalam melaksanakan 10 program pokok PKK  di lapangan.

Kelompok Dasawisma berpotensi lebih kreatif menggerakkan kesejahteraan keluarga guna membangun masyarakat sejahtera mulai dari unit pemerintahan terkecil, yaitu jorong.

Kegiatan kelompok Dasawisma tidak hanya meningkatkan kesejahteraan dalam ekonomi dan kesehatan, melainkan juga pendidikan berbasis keluarga. Melalui Dasawisma pendidikan keluarga menjadi lebih proaktif digalakkan dalam rangka menunjang pendidikan di lembaga sekolah.

Tentu saja, pendataan anggota keluarga di kelompok Dasawisma serta administrasi kegiatan yang telah dilaksanakan perlu lebih dibenahi lagi. Dalam penilaian Lomba Dasawisma, administrasi dan kelengkapan bukti fisik kegiatan sangat diperlukan.

0 Response to "Melongok Dasawisma Kenanga 16 Tigo Tumpuak Kenagarian Taluak"

Posting Komentar