Peranan Kelompok Dasawisma dalam Menunjang Pendidikan di Lingkungan Keluarga

Peranan kelompok dasawisma dalam menunjang pendidikan di lingkungan keluarga – Pendidikan anak dalam prosesnya menjadi tanggung jawab keluarga, lembaga sekolah dan pemerintah. Ketiga unsur ini saling bersinergis dalam memajukan proses pendidikan anak melalui strategi dan metode masing-masing.

peranan,dasawisma,pendidikan,keterampilan
Kelompok dasawisma berperan penting dalam menunjang pendidikan (Rika G/matrapendidikan.com)

Disadari bahwa keluarga menjadi basis utama pendidikan anak. Hal ini karena anak lahir dan dibesarkan pertama kali di lingkungan keluarga, sebelum memasuki bangku pendidikan di sekolah. Oleh sebab itu sangat besar peran keluarga dalam mendidik anak.
Sebuah keluarga adalah unit terkecil dari struktur sosial kemasyarakatan. Pemberdayaan terhadap keluarga dilakukan oleh kedua orangtua melalui berbagai inovasi.

Dalam level yang lebih luas, pemberdayaan keluarga dilaksanakan melalui bimbingan organisasi kemasyarakatan. Salah satu organisasi kemasyarakatan dalam  pemberdayaan keluarga adalah PKK (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga).

PKK mempunyai 10 program pokok dan salah satu butir program tersebut adalah unsur pendidikan dan keterampilan. Penerapan program ini lebih efektif untuk mencapai sasaran melalui kelompok Dasawisma. Kelompok ini merupakan kumpulan beberapa keluarga yang diberdayakan melalui kegiatan dalam PKK.

Peranan dasawisma sangat penting dalam mengembangkan akses pendidikan dan keterampilan di lingkungan keluarga. Pencerahan terhadap pentingnya pendidikan dalam kelompok dasawisma akan berdampak pada kesadaran keluarga untuk mengedepankan pendidikan anak.

Melalui kegiatan kelompok dasawisma, keluarga memiliki kesadaran dan pemahaman yang tinggi bahwa pendidikan itu adalah bekal berharga bagi anak di masa depan.

Selain itu di lingkungan keluarga, anak memperoleh keterampilan dasar yang dapat memperkuat program keterampilan di lembaga sekolah.
Dasawisma dibina oleh Penggerak PKK di tingkat jorong maupun nagari. Pembinaan yang intensif oleh para penggerak PKK terhadap kelompok dasawisma melalui 10 program pokok PKK akan meningkatkan nilai tambah terhadap pemberdayaan keluarga khususnya dalam aspek pendidikan dan keterampilan.

0 Response to "Peranan Kelompok Dasawisma dalam Menunjang Pendidikan di Lingkungan Keluarga"

Posting Komentar