5 Aktivitas Guru Saat Menunggu Waktu Pulang

5 Aktivitas guru saat menunggu waktu pulang – Ketika pembelajaran berakhir di sekolah, siswa akan pulang ke rumah masing-masing. Begitu pula dengan para guru maupun pegawai di sekolah tersebut. Bahkan guru yang pulang terakhir adalah guru yang mengajar sampai jam terakhir sementara guru lainnya sudah pulang lebih dulu.

mesin sidik jari,absensi sidik jari,guru,menunggu
Ilustrasi mesin absensi sidik jari di sekolah (doc.matrapendidikan.com)

Itu terjadi ketika sistem absensi masih cara konvensional dengan membubuhkan tanda tangan pada daftar absensi guru dan pegawai. Bagaimana dengan guru dan pegawai di sekolah yang sudah menerapkan sistem absensi mesin sidik jari?

Berlakunya waktu pulang untuk absensi mesin sidik jari kadang-kadang tidak sama dengan berakhirnya pembelajaran di sekolah. Pembelajaran di sekolah biasanya lebih cepat berakhir dari waktu absensi sidik jari.

Itu artinya guru dan pegawai harus menunggu waktu pulang. Apa yang dilakukan guru maupun pegawai saat menunggu waktu menempelkan ibu jari atau telunjuk pada mesin fingerprint?

Berikut ini aktivitas yang lazim dan sah sah saja dilakukan oleh guru maupun pegawai saat menunggu waktu pulang di sekolah.

1.Istirahat

Guru yang mengajar pada jam jam terakhir akan memanfaatkan waktu tunggu ini untuk beriistirahat melepas lelah. Saat istirahat ini ada yang membuka gadget, melihat informasi terkini di perangkat seluler masing-masing. Berselancar di dunia maya untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan,  mengikuti perkembangan pendidikan dan pembelajaran terkini.

Ada pula yang memanfaatkan waktu istirahat dengan bersosial media melalui aplikasi facebook, twitter dan Whatsup (WA).

2.Berdiskusi dengan rekan kerja

Ada pula yang memanfaatkan waktu penantian dengan berdiskusi membicarakan kemajuan belajar siswa, kebijakan pemerintah tentang guru dan lain sebagainya. Pokoknya berdiskusi tentang segala hal berkaitan dengan profesi dan keprofesionalan guru.

3.Mengerjakan perangkat mengajar

Namun ada pula yang tekun di depan layar laptop untuk mengerjakan perangkat mengajar. Mengedit bagian tertentu yang mesti diedit sehingga sesuai dengan penerapannya di ruang kelas. Namun jarang terlihat guru yang tidur-tiduran ketika menunggu waktu pulang.

4.Memeriksa tugas siswa

Sebagian guru ada yang mengisi waktu luang ini untuk memeriksa tugas siswa. Menilai dan memasukkan nilai siswa ke dalam aplikasi pengiolah nilai. Ini biasanya dilaksanakan oleh guiru yang kebetulan tidak mengajar sampai jam terakhir pembelajaran.

5.Duduk berdiam diri

Ada pula yang hanya duduk berdiam diri sambil minum air putih, kopi dan susu saat menungu waktu dimulainya absensi pulang. Sementara dalam pikiran sudah terbayang anggota keluarga sudah menunggu di rumah setelah ditinggalkan sejak pagi.

0 Response to "5 Aktivitas Guru Saat Menunggu Waktu Pulang"

Posting Komentar