Ketika Guru Ikut Simulasi UNBK

Ketika guru ikut simulasi unbk – Simulasi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) tahap kedua sudah berlangsung 28 sd 21 Januari 2019 lalu di SMPN 2 Lintau Buo. Jika tahap satu hanya diikuti oleh siswa maka simulasi UNBK  tahap dua itu juga melibatkan guru mata pelajaran yang diujikan.

simulasi unbk,tahap2,guru
Guru menjadi peserta simulasi unbk tahap 2 di sekoalh (Rahid S/matrapendidikan.com)

Untuk mendapatkan username dan password untuk login, guru yang ikut simulasi UNBK didaftarkan oleh proktor. Ada 4 orang guru yang mengikuti simulasi UNBK antara lain Yuhelmi, S.Pd (bahasa Indonesia), Ropi’u, S.Pd (Matematika), Hasma Umneti, S.Pd.Ing (bahasa Inggris) dan Edy Samsul (IPA).

Bagaimana hasil yang diperoleh siswa dibanding guru mata pelajarannya? Apakah nilai guru lebih tinggi dibandingkan muridnya? Apa tujuan keikutsertaan guru dalam simulasi ini?

Logika umum yang berlaku, pastilah lebih tinggi nilai guru ketimbang muridnya. Akan tetapi faktanya tidak selalu demikian. Hal itu disampaikan oleh guru mata pelajaran IPA, Edy Samsul yang ikut simulasi hari terakhir sesi 1 kepada kontributor matrapendidikan.com Rahid Sikumbang.

“Nilai saya kalah daripada siswa,” aku guru IPA itu usai ujian simulasi. Ia mengakui memang tidak mempersiapkan diri untuk mengikuti simulasi. Namun keikutsertaannya difokuskan untuk mempelajari bagaimana bentuk soal-soal UNBK.

“Keikutsertaan guru lebih utama untuk mempelajari model soal sehingga menjadi pedoman dalam memberikan materi pelajaran sebelum dilaksanakan UNBK,” katanya lebih lanjut.
Simak juga : Simulkasi UNBK Tahap 2 Bakal Digelar di sekolah Penyelenggara
Seperti diketahui, UNBK untuk SMP/MTs bakal dilaksanakan23 sd 26 April mendatang. SMPN 2 Lintau Buo menjadi salah satu sekolah penyelenggara UNBK di Kabupaten Tanah Datar.

0 Response to "Ketika Guru Ikut Simulasi UNBK"

Posting Komentar