Memelihara Ikan Gurami di Kolam Mini, Duh Asyiknya...

Memelihara ikan gurami di kolam mini, duh asyiknya... – Setiap orang memiliki hobi terhadap sesuatu kegiatan. Hobi tersebut umumnya untuk mengisi waktu senggang dan mendatangkan kesenangan. Misalnya hobi beternak, bertanam, berburu, memancing ikan, memelihara hewan, shoping, travelling, blogging, serta banyak jenis hobi lainnya.

memelihara ikan,ikan gurami,kolam kecil
Ikan gurami berebut menyambar pelet (matrapendidikan.com)

Tidak jarang hobi yang ditekuni serius akan bernilai ekonomis disamping memanfaatkan waktu luang dan mendatangkan kesenangan. Namun tidak sedikit pula orang melakukan sesuatu kegiatan, sekadar penyaluran hobi dan mencari kesenangan belaka.

Inspirasi untuk mengerjakan atau berbuat sesuatu yang positif sering berawal dari kegemaran terhadap suatu kegiatan. Sebagai contoh, inspirasi menulis dan kegiatan blogging muncul setelah melihat dan memberi makan ikan di kolam.

Memelihara ikan di kolam akan bernilai ekonomis disamping mendatangkan kesenangan. Tergantung tujuan dan bagaimana mengerjakan pemeliharaan ikan tersebut.

Memberi makan ikan gurami
Di samping rumah saya, tepatnya depan dapur, ada sebuah kolam kecil kira-kira berukuran 1,5 x 1 Meter dan dalamnya lebih kurang 1 Meter. Kolam ukuran mini ini diisi dengan ikan gurami.

Yang paling menyenangkan  dari kegiatan memelihara ikan di kolam adalah saat memberi makan ikan. Ada kesenangan tersendiri saat memberi pakan ikan di pagi hari sebelum berangkat kerja, tengah hari dan sore hari saat pulang kerja. Bahkan di sela-sela kegiatan blogging untuk menukar suasana hati.

kolam ikan,gurami tawar,memelihara
Memelihara ikan gurami (matrapendidikan.com)
Siapa sangka kalau memberi makan ikan dapat menimbulkan inspirasi untuk menulis dan melakukan kegiatan blogging. Saat ide menulis dan ngeblog mulai surut, teringat ikan gurami di kolam. Lantas berhenti blogging sejenak. Ambil pelet pakan ikan. Duduk di kursi di sisi kolam dan lemparkan pelet ke tengah kolam.

Pada saat pelet pakan ikan ditebarkan sedikit demi sedikit ke dalam kolam. Ikan-ikan itu saling berebut menyambar pelet yang terapung di permukaan kolam. Menimbulkan gelombang kecil di permukaan kolam.

Saat itu pula ikan-ikan yang mulai besar dengan bobot seperempat sampai setengah kilogram, menampakkan dirinya ke permukaan air. Ikan gurami bertubuh agak unik, lebar dan pipih. Sangat menarik untuk dilihat saat berebut memakan pelet yang terapung di air.

Suasananya akan berbeda saat memberi makan ikan dengan daun-daunan. Ikan omnivora ini nampak malu-malu. Hanya menyembulkan kepala saat menyantap dedaunan hijau dan lunak, seperti rumput, daun talas atau daun pepaya. Kadang-kadang menimbulkan bunyi decak unik keluar dari mulut ikan saat menyantap makanan dari tumbuhan.
Itulah diantaranya keunikan yang mendatangkan kesenangan, memberi makan ikan bagi yang hobi memelihara ikan gurami di kolam.

0 Response to "Memelihara Ikan Gurami di Kolam Mini, Duh Asyiknya..."

Posting Komentar