Pentingnya Guru Memodifikasi Perangkat Mengajar

Pentingnya guru memodifikasi perangkat mengajar – Di sekolah terbilang unggulan atau berada di perkotaan, boleh jadi tidak banyak mengalami permasalahan dalam pembelajaran jika dibanding sekolah di pedesaan.. Hal ini bukan berarti sekolah unggulan tersebut tidak menghadapi masalah belajar sama sekali.

guru,perangkat mengajar,modifikasi
Ilustrasi guru (pixabay.com)

Bagaimana sekolah yang berada di pinggiran atau kawasan pedesaan? Pembelajaran di sekolah pinggiran kota atau di pedesaan cenderung lebih banyak mengalami permasalahan pembelajaran.

Hal ini disebabkan oleh cara belajar, kesadaran mematuhi aturan di sekolah serta keterbatasan sarana dan fasilitas belajar masih belum memadai. Oleh sebab itu guru perlu berani 'mendobrak' tradisi keseragaman yang selama ini masih dipakai. 

Kegiatan guru dalam pendidikan dimulai dari merencanakan dan menyusun perangkat pembelajaran. Perangkat mengajar kadangkala diadopsi melalui kegiatan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) atau di download di internet.

Tentu saja upaya guru tersebut sah sah saja. Namun perlu diketahui, perangkat mengajar di forum MGMP maupun hasil download tersebut belum tentu cocok dengan sekolah tempat mengajar. Kenapa?

Satu sekolah dengan sekolah lain akan memiliki potensi dan karakter siswa yang berbeda. Oleh sebab itu penyeragaman perangkat mengajar tidak mungkin dilakukan. Jika dipaksakan juga maka besar kemungkinannnya program tersebut hanya sebagai koleksi guru belaka.

Disinilah perlunya guru memodifikasi perangkat mengajar yang diadopsi dari MGMP maupun hasil download internet. agar aplikabel, dapat diterapkan dalam pembelajaran.

Perangkat mengajar seperti rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), idealnya lahir dari hasil pengalaman guru melaksanakan beberapa kali pembelajaran. Boleh jadi guru yang melaksanakan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) justru berpeluang besar untuk menciptakan perangkat mengajar yang aplikabel dimaksud.

0 Response to "Pentingnya Guru Memodifikasi Perangkat Mengajar"

Posting Komentar